Astuti, Tika Abri (2017) Kontribusi Kompetensi Guru Matematika pada Prestasi Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika Jenjang SMP di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-tika-abri-astuti-15709251091.swf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) tingkat kompetensi guru yang terbagi kedalam empat ranah, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian, (2) kontribusi kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa, (3) kontribusi kompetensi guru pada sikap siswa terhadap matematika, (4) keterkaiatan antara sikap siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar siswa pada jenjang SMP di Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Juni 2017 dengan populasi guru matematika SMP di Kabupaten Sleman. Data diperoleh dari survei yang dilakukan dan dilengkapi dengan data sekunder berupa hasil UKG guru matematika jenjang SMP serta hasil ulangan akhir semester II kelas VII tahun ajaran 2016/2017. Untuk mengetahui hubungan antara variabel kompetensi guru (latent eksogen) terhadap prestasi belajar dan sikap siswa terhadap matematika (latent endogen) digunakan analisis partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan: (1) kompetensi pedagogik guru berada pada kategori cukup, sedangkan kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian berada pada kategori baik, (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dan profesional guru matematika terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai prediksi 0,279 dan 0,210, (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru pada sikap siswa terhadap matematika siswa dengan nilai prediksi 0,484 dan 0,333, (4) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan secara tidak langsung antara kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai prediksi sebesar 0,118 dan 0,172, dan (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sikap siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,354. Sikap siswa terhadap matematika mempunyai nilai prediksi yang lebih tinggi pada prestasi belajar siswa dibandingkan keempat ranah kompetensi guru
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kontribusi kompetensi guru, prediksi prestasi belajar, prediksi sikap siswa terhadap matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 10 Nov 2017 03:07 |
Last Modified: | 09 May 2019 08:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53911 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |