Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X C SMA Negeri 1 Bayat dan Siswa Kelas X E SMA Negeri 1 Ceper Tahun Pelajaran 2016/2017

Putri, Pramukti Cendhani (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X C SMA Negeri 1 Bayat dan Siswa Kelas X E SMA Negeri 1 Ceper Tahun Pelajaran 2016/2017. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pramukti-cendhani-putri-15725251049.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X C SMA Negeri 1 Bayat dan siswa kelas X E SMA Negeri 1 Ceper Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, dan (2) meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X C SMA Negeri 1 Bayat dan siswa kelas X E SMA Negeri 1 Ceper Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis & Taggart (2007) yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan berupa perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X C SMA Negeri 1 Bayat dan siswa kelas X E SMA Negeri 1 Ceper Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengacu pada model analisis Miles & Huberman (1994) yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji validitas data penelitian menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X C SMA Negeri 1 Bayat dan siswa kelas X E SMA Negeri 1 Ceper Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan tahapan-tahapannya, penyelesaian tugas dalam kelompok, spesialisasi tugas, dan kerja sama siswa, serta (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X C SMA Negeri 1 Bayat dan siswa kelas X E SMA Negeri 1 Ceper Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui penerapan tahapan-tahapannya, pembelajaran berkelompok, kerja dalam kelompok kecil, investigasi tim, spesialisasi tugas, dan kerja sama siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe group investigation, motivasi belajar, aktivitas belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Nov 2017 02:20
Last Modified: 09 May 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53910

Actions (login required)

View Item View Item