Aktualisasi Nilai-Nilai Multikultural di SMA Taruna Nusantara Magelang.

Sari, Maesa Nila (2017) Aktualisasi Nilai-Nilai Multikultural di SMA Taruna Nusantara Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maesa-nila-sari-15705259001.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1)karakteristik nilai-nilai multikultural yang ada di SMA Taruna Nusantara; 2) pentingnya aktualisasi nilai-nilai multikultural di SMA Taruna Nusantara; 3) proses internalisasi nilai-nilai multikultural di SMA Taruna Nusantara; 4) proses aktualisasi nilai-nilai multikultural di SMA Taruna Nusantara; dan 5) proses evaluasi atas aktualisasi nilai-nilai multikultural di SMA Taruna Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik di SMA Taruna Nusantara yang ditentukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data primer dalam penelitian ini terdiri atas informan utama dan informan pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara mendalam, analisis dokumen, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang disajikan dalam penelitian ini bersifat thick description. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai-nilai multikultural yang ada di SMA Taruna Nusantara terdiri atas nilai pluralisme, solidaritas, toleran, demokratis, kesetaraan, dan kepedulian yang mana nilai-nilai tersebut dipandang baik oleh warga SMA Taruna Nusantara karena diambil dari Pancasila, Undang-Undang, PUDD, dan Perdupsis; 2) peserta didik mengaktualisasikan nilai-nilai multikultural untuk menciptakan kehidupan yang harmonis di tengah-tengah keberagaman peserta didik di SMA Taruna Nusantara; 3) nilai-nilai multikultural diinternalisasikan secara langsung dan tidak langsung; 4) aktualisasi nilai-nilai multikultural di SMA Taruna Nusantara dilakukan oleh peserta didik dengan menunjukkan sikap dan perilaku yang sesuai dengan Perdupsis dan PUDD serta menunjukkan sikap dan perilaku yang menjadi kebiasaan (habit); dan 5) evaluasi atas aktualisasi nilai-nilai multikultural di SMA Taruna Nusantara dilakukan dengan cara refleksi diri, pemberlakuan sistem reward dan punishment, penilaian secara tertulis dalam buku rapor, dan penggunaan buku saku yang berisi penilaian antarteman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: internalisasi, aktualisasi nilai, sikap dan perilaku, karakter, nilai-nilai multikultural
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Nov 2017 02:14
Last Modified: 09 May 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53907

Actions (login required)

View Item View Item