Efektivitas Metode Bercerita Melalui Media Panggung Boneka untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi Anak Attention Deficit Disorder (ADD) di TK Pedagogia Yogyakarta

Endriawan, Debby (2017) Efektivitas Metode Bercerita Melalui Media Panggung Boneka untuk Meningkatkan Daya Konsentrasi Anak Attention Deficit Disorder (ADD) di TK Pedagogia Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-debby-endriawan-15717251019.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) perbedaan daya konsentrasi anak antara kelompok anak yang mengalami ADD yang diberikan pembelajaran menggunakan metode bercerita melalui media panggung boneka dan anak yang mengalami ADD tanpa menggunakan metode bercerita melalui media panggung boneka, dan (2) efektivitas metode bercerita melalui media panggung boneka untuk meningkatkan daya konsentrasi anak yang mengalami ADD di TK Pedagogia Yogyakarta. Metode bercerita melalui media panggung boneka digunakan dalam penelitian ini dengan dilandaskan pada asumsi bahwa metode bercerita melalui media panggung boneka memiliki beberapa keunggulan sehingga perlu diujicoba efektivitasnya dalam meningkatkan daya konsentrasi anak yang mengalami ADD. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan sasaran anak kelompok B di TK Pedagogia Yogyakarta. Responden penelitian sebanyak 6 anak, terdiri atas 3 anak sebagai kelompok eksperimen dan 3 anak sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan metode bercerita melalui media panggung boneka, sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan metode konvensional. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuji dengan statistik uji Mann-Whitney U untuk melihat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Terdapat perbedaan daya konsentrasi antara kelompok anak ADD yang diberikan pembelajaran menggunakan metode bercerita melalui media panggung boneka dan anak yang mengalami ADD tanpa menggunakan metode bercerita melalui media panggung boneka. Nilai signifikansi sebesar 0,043 dengan Utabel=1. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode bercerita melalui media panggung boneka efektif digunakan untuk meningkatkan daya konsentrasi anak yang mengalami ADD di TK Pedagogia Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: metode bercerita melalui media panggung boneka, daya konsentrasi, ADD
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Nov 2017 02:00
Last Modified: 09 May 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53904

Actions (login required)

View Item View Item