Evaluasi Program Pembelajaran “Sains” Di Kelompok B TK Alam Kabupaten Klaten

Erlisiana, Wikhe Dewi (2017) Evaluasi Program Pembelajaran “Sains” Di Kelompok B TK Alam Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-wikhe-dewi-erlisiana-15717251011.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui: (1) efektivitas Context yang mendukung program pembelajaran Sains yang di selenggarakan di TK Alam Kabupaten Klaten, (2) kualitas komponen Input dalam implementasi program pembelajaran Sains yang di selenggarakan di TK Alam Kabupaten Klaten, (3) efektivitas komponen Procces dalam program pembelajaran Sains yang di selenggarakan di TK Alam Kabupaten Klaten dan (4) Memperoleh hasil implementasi program pembelajaran Sains terhadap aspek perkembangan anak usia dini di TK Alam Kabupaten Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi (Context, Input, Procces, Product) CIPP. Penelitian ini di lakukan di TK Alam Kabupaten Klaten pada bulan Juni-Agustus 2017. Populasi dalam penelitian antara lain: TK Alam Harapan Kita Kota Klaten, TK Alam Aqila Kecamatan Wonosari Klaten, dan TK Alam Bengawan Solo Kecamatan Juwiring Klaten. Sampel penelitian ini terdiri dari 3 kepala sekolah, 12 guru, 6 orang tua, dan 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil evaluasi contexs program pembelajaran Sains di Kelompok B TK Alam Kabupaten Klaten dalam kategori efektif dengan skor rata-rata 2.74. (2) Hasil evaluasi input untuk mendukung program pembelajaran Sains di Kelompok B TK Alam Kabupaten Klaten dalam kategori efektif dengan skor rata-rata sebesar 2.67. (3) Hasil evaluasi procces pada program pembelajaran Sains di kelompok B TK Alam Kabupaten Klaten dalam kategori efektif dengan skor rata-rata yang mencapai 2,92.(4) Hasil evaluasi product program pembelajaran Sains di Kelompok B TK Alam Kabupaten Klaten dalam kategori efektif dengan skor rata-rata 2.79

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Pembelajaran“Sains”, dan Pendidikan anak usia dini
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Nov 2017 01:53
Last Modified: 09 May 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53903

Actions (login required)

View Item View Item