Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Metakognitif dan Motivasi Siswa Kelas X SMAN pada Materi Pencemaran Lingkungan

Yeyendra, Yeyendra (2017) Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar dengan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Metakognitif dan Motivasi Siswa Kelas X SMAN pada Materi Pencemaran Lingkungan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yeyendra-15725251045.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh jurnal belajar dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas X SMAN pada materi pencemaran lingkungan, (2) pengaruh jurnal belajar dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi siswa kelas X SMAN pada materi pencemaran lingkungan, dan (3) hubungan kemampuan metakognitif dan motivasi siswa kelas X SMAN pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau quasi- experiment. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN sebagai populasi hipotetik. Sampel penelitian berjumlah 64 peserta didik yang terdiri dari 32 peserta didik pada kelas X IPA 1 dan 32 peserta didik pada kelas X IPA 3. Kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan angket dan soal uraian. Validasi yang digunakan berupa validasi isi dan validasi empiris. Hasil validasi menunjukkan bahwa instrumen bersifat valid dan reliable. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh jurnal belajar dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan metakognitif dan motivasi belajar siswa kelas X SMAN pada materi pencemaran lingkungan adalah analisis uji Paired Samples T Test, MANOVA., Independent-Sample T Test dan Uji Korelasi Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan jurnal belajar dengan model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas X SMAN pada pembelajaran Biologi materi pencemaran lingkungan, (2) penggunaan jurnal belajar dengan model problem based learning berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMAN pada pembelajaran Biologi materi pencemaran lingkungan, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan metakognitif dan motivasi belajar siswa kelas X SMAN pada pembelajaran Biologi materi pencemaran lingkungan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Jurnal Belajar, Problem Based Learning, Kemampuan Metakognitif, Motivasi Belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Nov 2017 01:35
Last Modified: 09 May 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53902

Actions (login required)

View Item View Item