PENGARUH KOMBINASI MEDIA SERBUK GERGAJI BATANG KELAPA (Cocos nucifera) DAN BATANG POHON PISANG (Musa paradica) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KOKON CACING AFRIKA (Eudrilus eugeniae)

Sari, Astrid Umaya Arum (2017) PENGARUH KOMBINASI MEDIA SERBUK GERGAJI BATANG KELAPA (Cocos nucifera) DAN BATANG POHON PISANG (Musa paradica) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI KOKON CACING AFRIKA (Eudrilus eugeniae). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (848kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi media serbuk gergaji batang pohon kelapa dan batang pohon pisang terhadap pertumbuhan dan produksi kokon cacing tanah (Eudrilus eugeniae). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen satu faktor. Objek penelitian adalah cacing tanah (Eudrilus eugeniae) yang telah memiliki klitelum kemudian dipelihara dalam 5 media yang berbeda, yaitu 100% serbuk gergaji kelapa, 100% batang pohon pisang, 25% serbuk gergaji batang pohon kelapa + 75% batang pohon pisang, 50% serbuk gergaji batang pohon kelapa + 50% batang pohon pisang, dan 75% serbuk gergaji batang pohon kelapa + 25% batang pohon pisang. Pada setiap media dilakukan 5 ulangan. Cacing yang dimasukkan pada tiap media sebanyak 28 gram. Wadah untuk media pemeliharaan yaitu bak plastik berukuran 35 x 30 x 10 cm. Penelitian berlangsung selama dua bulan dengan dua kali pengambilan data. Parameter yang diamati adalah Massa cacing, jumlah kokon, berat kokon, dan indeks kokon. Data dianalisis menggunakan One Way Anova kemudian dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada hasil yangberbeda nyata, serta uji Kruskal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi media serbuk gergaji batang pohon kelapa dan batang pohon pisang berpengaruh nyata ( P <0,05) terhadap massa cacing eugeniae dan jumlah kokon. Sedangkan, terhadap bobot kokon dan Indeks kokon tidak berpangaruh nyata ( P >0,05). Kombinasi media yang paling baik untuk pertumbuhan cacing tanah dan produksi kokon cacing Eudrilus eugeniae adalah 75% serbuk gergaji batang pohon kelapa dan 25% batang pohon pisang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Batang pohon kelapa, batang pohon pisang, pertumbuhan, kokon, Eudrilus eugeniae
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:41
Last Modified: 30 Jan 2019 15:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53901

Actions (login required)

View Item View Item