SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN ELEKTROLIT SELULOSA ASETAT BERBASIS DAUN PANDAN DURI (Pandanus tectorius) DENGAN PEMLASTIS MINYAK JARAKUNTUK APLIKASI BATERAI ION LITHIUM

Nurwahidah, Umi (2017) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN ELEKTROLIT SELULOSA ASETAT BERBASIS DAUN PANDAN DURI (Pandanus tectorius) DENGAN PEMLASTIS MINYAK JARAKUNTUK APLIKASI BATERAI ION LITHIUM. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI Umi Nurwahidah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini tentang sintesis membran elektrolit selulosa asetat/Li berbasis daun Pandan Duri dengan tujuan untuk mengetahui (1) pengaruh minyak jarak terhadap nilai modulous at break, (2) pengaruh penambahan lithium klorida terhadap nilai konduktivitas, dan (3) karakteristik membran selulosa asetat/Li berdasarkan gugus fungsi dan foto permukaan. Selulosa diekstraksi dari daun Pandan Duri dengan larutan alkali (NaOH 2M) dan diputihkan dengan 0,5% NaOCl (v/v). Selulosa diesterifikasi menggunakan asam asetat anhidrid sebagai agen asetilasi, asam asetat sebagai swelling agent dan asam sulfat sebagai katalis. Membran selulosa asetat dibuat menggunakan metode casting dengan penambahan 2%, 4%, 6%, 8% dan 10% (m/m) minyak Jarak sebagai pemplastis. Membran selulosa asetat di-doping garam lithium klorida dengan variasi komposisi 5%, 10%, 15%, 20%, 25% dan 35% (m/m). Karakterisasi membran elektrolit untuk mengetahui gugus fungsi dengan FTIR, sifat mekanik dengan uji kuat tarik, nilai konduktivitas dengan konduktometer Elkahfi 100 dan foto permukaan dengan mikroskop optik. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penambahan minyak jarak meningkatkan nilai modulus at break, (2) penambahan lithium klorida meningkatkan nilai konduktivitas (3) muncul puncak (Li) pada daerah 606,37 cm-1 dan mengalami pelebaran puncak (OH) pada daerah 3419,99 cm-1, homogenitas rendah dan permukaan tidak rata.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 09 Nov 2017 07:25
Last Modified: 30 Jan 2019 15:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53899

Actions (login required)

View Item View Item