Evaluasi Pelaksanaan Unit Produksi Bengkel Sepeda Motor SMK di Sukoharjo (Studi Kasus di Unit Produksi SMK Veteran 1 Sukoharjo).

Musthofa, Hasan (2017) Evaluasi Pelaksanaan Unit Produksi Bengkel Sepeda Motor SMK di Sukoharjo (Studi Kasus di Unit Produksi SMK Veteran 1 Sukoharjo). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hasan-musthofa-13702251069.swf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan: (1) pelaksanaan UP sebagai sebuah organisasi dari segi perencanaan, pengorganisasian personel, pelaksanaan proses produksi, dan kontrol serta evaluasi; (2) hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan UP; dan (3) hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan demi membangun UP agar selalu berkembang dari waktu ke waktu. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah Responsive Evaluation Model dari Robert Stake. Penelitian dilakukan di Bengkel Sepeda Motor SMK Veteran 1 Sukoharjo. Populasi yang diteliti adalah warga masyarakat sekolah dan warga masyarakat sekitar sekolah. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah pengamatan, wawancara, penyebaran angket, dan telaah dokumen. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Aspek yang sudah baik diantaranya adalah: (1) penunjukan siswa dan guru; (2) peralatan bengkel yang sudah sesuai dengan standar LSPTO; (3) prosedur pelayanan servis yang sudah sesuai dengan standar LSPTO; dan (4) pengadaan bahan baku (harga pasaran paling murah dan sesuai dengan merk kendaraan yang lewat). Adapun aspek yang masih kurang dan perlu diperbaiki diantaranya adalah: (1) pemahaman dan penghayatan warga sekolah terhadap visi, misi, dan tujuan bengkel; (2) studi kelayakan usaha dan rencana jangka menengah serta panjang; (3) alokasi anggaran; (4) pengaturan karyawan; (5) administrasi; (6) pemasaran; (7) pelibatan guru dan siswa; (8) kerjasama; (9) jumlah hari kerja; (10) tindak lanjut evaluasi; dan (11) kontinuitas evaluasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, unit produksi, sekolah menengah kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2017 07:22
Last Modified: 09 May 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53898

Actions (login required)

View Item View Item