Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model Ujian Nasional dan Sikap Matematika Siswa SMP Se-Kabupaten Dharmasraya.

Vionita, Alfha (2017) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model Ujian Nasional dan Sikap Matematika Siswa SMP Se-Kabupaten Dharmasraya. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alfha-vionita-15709241056.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal model Ujian Nasional, dan sikap matematika siswa SMP se-Kabupaten Dharmasraya. Penelitian ini termasuk penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subyek penelitian ini sebanyak 104 siswa SMP kelas IX se-Kabupaten Dharmasraya yang berasal dari empat sekolah dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan stratified propotional random sampling technique. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik yang terdiri dari 10 butir soal dan angket sikap matematika siswa terdiri dari 25 pernyataan. Instrumen yang digunakan sudah divalidasi. Analisis data yang dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika model Ujian Nasional yaitu kesalahan membaca (reading erorrs) 33%; kesalahan pemahaman (comprehension errors) 42%; kesalahan transformasi (transformations errors) 79%; kesalahan keterampilan proses (processing skill errors) 85%; dan kesalahan menarik kesimpulan (encoding errors) 86%. Sedangkan letak kesalahan yaitu kesalahan pada membaca kata kunci/simbol pada soal 33%; kesalahan pada penentuan apa yang diketahui pada soal 33%; kesalahan pada penentuan apa yang ditanya pada soal 31%; kesalahan pada penentuan model/rumus matematika pada soal 61%; kesalahan pada penentuan langkah penyelesaian pada soal 79%; kesalahan menggunakan informasi pada soal 81%; kesalahan pada penyelesaian operasi hitung matematika pada soal 73%; dan kesalahan pada penentuan solusi/jawaban akhir pada soal 86%. Rata-rata sikap siswa terhadap matematika di kelas IX SMP se-Kabupaten Dharmasraya yaitu 87,5 berada pada kriteria positif/tinggi. Rata-rata sikap siswa terhadap matematika pada sekolah kategori strata tinggi dengan rata-rata sebesar 89,4 dan strata sedang dengan rata-rata sebesar 87,5 berada pada kriteria positif/tinggi, sedangkan pada strata rendah dengan rata-rata 85,2 berada pada kriteria negatif/rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Analisis kesalahan, Ujian Nasional, sikap matematika siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2017 06:33
Last Modified: 09 May 2019 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53893

Actions (login required)

View Item View Item