Kontribusi Supervisi Akademik Pengawas, Intensitas KKG, dan Iklim Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SD Negeri di Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.

Utaminingsih, Ratna (2017) Kontribusi Supervisi Akademik Pengawas, Intensitas KKG, dan Iklim Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SD Negeri di Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-utaminingsih-15703259017.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur besarnya kontribusi: (1) supervisi akademik pengawas terhadap kompetensi pedagogik guru, (2) intensitas KKG terhadap kompetensi pedagogik guru, (3) iklim sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru, dan (4) supervisi akademik pengawas, intensitas KKG, dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kompetensi guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah sebanyak 52 Sekolah Dasar (SD). Keseluruhan jumlah populasi digunakan sebagai sampel yaitu 52 Sekolah Dasar. Penentuan responden dilakukan dengan teknik proporsional random sampling sehingga diperoleh jumlah responden sebanyak 219 guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan validitas item yang mendapat pertimbangan ahli dan uji empirik. Reliabilitas instrument dengan teknik korelasi product moment pada taraf signifikansi 0,05. Uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas, linearitas, uji heterokedatisitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis dilakukan dengan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari supervisi akademik pengawas terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 17%; (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari intensitas KKG terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 28,8%; (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari iklim sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 19%; dan (4) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan dari supervisi akademik pengawas, intensitas KKG, dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap kompetensi pedagogik guru sebesar 37,6%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: supervisi akademik pengawas, intensitas KKG, iklim sekolah, kompetensi pedagogik guru.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2017 04:00
Last Modified: 09 May 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53877

Actions (login required)

View Item View Item