Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran Matematika SD di Kecamatan Bantaeng.

Nusantara, Bayuk (2017) Evaluasi Pelaksanaan Program Pembelajaran Matematika SD di Kecamatan Bantaeng. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bayuk nusantara kr. j. tompong-15701251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di Kec. Bantaeng masih memiliki kendala dalam pelaksanaannya sehingga membuat peserta didik menjadi takut terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program pembelajaran matematika SD di Kec. Bantaeng. Komponen pelaksanaan program pembelajaran yang dievaluasi yaitu: (1) perencanaan program pembelajaran, (2) proses pembelajaran, (3) proses penilaian, dan (4) hasil program pembelajaran. Kegiatan evaluasi menggunakan model evaluasi Stake Countenance Models. Evaluasi dilakukukan untuk mengumpulkan data yang berisi informasi mengenai pelaksanaan program pembelajaran matematika dimana hasilnya dibandingkan dengan standar yang telah dibuat. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru kelas V di SD Negeri di Kecamatan Bantaeng, berjumlah 16 guru. Sampel penelitian berjumlah 12 guru dimana Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data di lapangan dengan menggunakan instrumen lembar telaah RPP, lembar observasi, dan lembar telaah dokumen penilaian. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didukung dengan data kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan program pembelajaran matematika masuk kategori baik (93,45%); (2) proses pembelajaran matematika masuk dalam kategori cukup baik sebesar 67,07%; (3) penilaian pembelajaran masuk dalam kategori cukup baik (71,34)%; (4) hasil pembelajaran matematika siswa setiap sekolah cenderung tidak memenuhi KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen tidak memenuhi standar. Oleh karena itu, diberikan rekomendasi untuk melakukan pelatihan perencanaan pembelajaran, pengayaan sumber belajar, pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru, pengayaan terhadap siswa yang belum memenuhi KKM, dan pendampingan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pelaksanaan program pembelajaran matematika, Countenace Stake Model
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:54
Last Modified: 20 Jun 2022 03:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53876

Actions (login required)

View Item View Item