Pengembangan Dan Analisis Kualitas Game Edukasi Berbasis Capture The Flag ”Jeopardy” Menggunakan Metode Pembelajaran Quiz Team Untuk Matakuliah Keamanan Jaringan

Kaharu, Nur Alinuddin (2017) Pengembangan Dan Analisis Kualitas Game Edukasi Berbasis Capture The Flag ”Jeopardy” Menggunakan Metode Pembelajaran Quiz Team Untuk Matakuliah Keamanan Jaringan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-alinuddin-kaharu-15720251007.swf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan game edukasi berbasis capture the flag “jeopardy” dan metode pembelajaran quiz team, dan (2) mengetahui kualitas game edukasi yang dikembangkan berdasarkan standar ISO/IEC 25010. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Penelitian dan pengembagan ini menggunakan model pengembangan Waterfall yang dikembangkan oleh Pressman. Model pengembangan terdiri dari tahapan Communication, Planning, Design, Construction, Deployment. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pengembangan menghasilkan aplikasi game edukasi berbasis capture the flag “jeopardy” dengan metode pembelajaran quiz team untuk keamaan jaringan. Aplikasi tersebut berbasis web yang dikembangkan dengan model pengembangan perangkat lunak waterfall. Aplikasi memiliki fitur utama untuk melakukan evaluasi pembelajaran kepada peserta secara individu, team, dan memiliki exercise sebagai bahan latihan. (2) Hasil pengujian menunjukkan aplikasi telah memenuhi standar ISO/IEC 25010 pada aspek (a) functional suitability, yang berjalan 100% dan memiliki nilai X = 1; (b) performance efficiency, yang dapat memuat halaman web dalam waktu 2,42 detik, performa PageSpeed sebesar 99% (grade A) dan YSlow sebesar 95,08% (grade A); (c) usability, diperoleh nilai alpha cronbach 0,892 dengan presentase sebesar 88,43%; (d) security, dengan tingkat kerentanan terhadap serangan berada pada level 1 (low); (e) compatibility, aplikasi dapat dioperasikan diberbagai sistem operasi desktop dan mobile diberbagai resolusi layar; (f) reliability, dengan hasil code coverage sebesar 65,07% sehingga TIOBE Score sebesar 81,30%; (g) maintainability, yang memiliki hasil code duplication sebesar 0,19% sehingga TIOBE Score sebesar 81,64%; (h) portability, hasil bahwa tidak ada error saat dijalankan pada berbagai browser desktop dan mobile yang diujicobakan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, capture the flag, waterfall, ISO/IEC 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:58
Last Modified: 09 May 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53875

Actions (login required)

View Item View Item