Zaman, Feni Febriyani (2017) Manajemen Program Edmodo di SDPN Sabang dan SDK 5 BPK Penabur Kota Bandung. S2 thesis, UNY.
|
Text
tesis-feni-febryani-zaman-15703259013.swf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program Edmodo di Sekolah Dasar Percobaan Negeri (SDPN) Sabang dan Sekolah Dasar Kristen (SDK) 5 BPK Penabur Kota Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan desain penelitian studi kasus (case study). Subyek penelitian terdiri atas Ambassador Edmodo, Manajer Edmodo Amerika, Guru, Siswa, Orang tua, Kepala SDPN Sabang dan SDK 5 BPK Penabur kota Bandung, Pengawas, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung dan Staf Program Sarana dan Prasarana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam (in depth interview), observasi, dan studi dokumen. Teknik pengujian keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi, member-checking, dan audit eksternal yang dilakukan oleh dosen pembimbing penulisan tugas akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah enam tahap analisis data kualitatif model Creswell yaitu data mentah, mengolah, membaca keseluruhan data, coding, menghubungkan tema-tema, dan interpretasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Alasan yang melatarbelakangi penggunaan Edmodo adalah karena era digital, kebijakan Bandung Smart City, penandatanganan MOU Dinas Pendidikan kota Bandung dengan SEAMOLEC, dan kebermanfaatan Edmodo bagi pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. (2) Perencanaan Edmodo tahapannya adalah menentukan teknik/prosedur, perencanaan materi, perencanaan sarana dan prasarana, perencanaan siswa, dan perencanaan biaya. (3) Pelaksanaan program Edmodo adalah mengkaji dimensi siswa, guru, dan stakeholder yang terlibat dalam pelaksanaan program Edmodo. Adapun permasalahan dalam pelaksanaan Edmodo adalah hambatan mindset dan niat, signal untuk akses internet, sarana dan prasarana Edmdo yang belum lengkap di sekolah, dan kendala terkini pelaksanaan di tahun ajaran 2016/2017 adalah limitasi grup, kapasitas siswa yang dapat bergabung dalam satu grup tidak bisa melebihi dari 2000 siswa. (4) Evaluasi program Edmodo meliputi evalausi kelebihan dan kekurangan Edmodo, keberhasilan Edmodo, manfaat Edmodo, respon orang tua, dan evaluasi diri. (5) Hasil dari program Edmodo adalah Hasil Edmodo adalah membuat semangat belajar siswa, lebih efisien, dan hasil belajar siswa meningkat.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | ICT, e-learning, program Edmodo, manajemen program Edmodo. |
| Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 09 Nov 2017 03:44 |
| Last Modified: | 09 May 2019 08:28 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53874 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
