Keefektifan Strategi Reciprocal Teaching dan Guided Reading Procedure untuk Pemahaman Membaca Siswa Kelas VII SMP

Pratiwi, Nani (2017) Keefektifan Strategi Reciprocal Teaching dan Guided Reading Procedure untuk Pemahaman Membaca Siswa Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nani-pratiwi-15715251026.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) keefektifan strategi Reciprocal Teaching dibandingkan strategi konvensional untuk pemahaman membaca; (2) keefektifan strategi Guided Reading Procedure dibandingkan strategi konvensional untuk pemahaman membaca; (3) keefektifan strategi Reciprocal Teaching dibandingkan strategi Guided Reading Procedure untuk pemahaman membaca; dan (4) strategi yang paling efektif diantara strategi Reciprocal Teaching, strategi Guided Reading Procedure, dan strategi konvensional untuk pemahaman membaca. Metode penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah 203 siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster simple random sampling. Berdasarkan penentuan tersebut diperoleh kelas VIIB sebagai kelompok eksperimen 1, kelas VIIA sebagai kelompok eksperimen 2, dan kelas VIIC sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi yang dikonsultasikan kepada ahli. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan KR-20. Analisis butir soal menggunakan Item Respon Theory satu parameter yang dibantu dengan program QUEST. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians satu jalan yang dilanjutkan uji Scheffe dengan taraf kesalahan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi Reciprocal Teaching lebih efektif dibandingkan strategi konvensional untuk pemahaman membaca terbukti dari hasil uji Scheffe (KE 1 dan KK) diperoleh mean difference sebesar 8,69827 dan signifikan dengan nilai p sebesar 0,000 (p<0,05). (2) Strategi Guided Reading Procedure lebih efektif dibandingkan strategi konvensional untuk pemahaman membaca terbukti dari hasil uji Scheffe (KE 2 dan KK) diperoleh mean difference sebesar 4,90386 dan signifikan dengan nilai p sebesar 0,005 (p<0,05). (3) Strategi Reciprocal Teaching lebih efektif dibandingkan strategi Guided Reading Procedure untuk pemahaman membaca terbukti dari hasil uji Scheffe (KE 1 dan KE2) diperoleh mean difference sebesar 3,79441 dan signifikan dengan nilai p sebesar 0,037 (p<0,05). (4) Strategi Reciprocal Teaching merupakan strategi yang paling efektif dibandingkan strategi Guided Reading Procedure dan strategi konvensional terbukti dari hasil uji Scheffe (KE 1 dan KK; KE 1 dan KE 2). Selain itu, nilai rata-rata pada KE 1 mengalami kenaikan sebesar 14,3412, KE 2 sebesar 10,6938, dan KK sebesar 5,6897. Berdasarkan penelitian tersebut, urutan keefektifan ketiga strategi tersebut adalah strategi Reciprocal Teaching, strategi Guided Reading Procedure, dan strategi konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi Reciprocal Teaching, strategi Guided Reading Procedure, pemahaman membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:34
Last Modified: 09 May 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53873

Actions (login required)

View Item View Item