Efektivitas Konseling Individual Rational Emotive Behavior terhadap Self-esteem Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY.

Kurniasari, Mitha (2017) Efektivitas Konseling Individual Rational Emotive Behavior terhadap Self-esteem Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mitha-kurniasari-14713251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling individual rational emotive behavior terhadap self-esteem mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY. Penelitian ini termasuk pendeketan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dan desain penelitiannya adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling yaitu 5 mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY yang memiliki tingkat self-esteem rendah dan sedang serta bersedia mengikuti konseling. Metode pengumpulan data menggunakan skala. Skala terdiri dari skala self-esteem dan skala keyakinan irasional. Teknik analisis data statistik menggunakan Wilcoxon matched-pairs signed rank test untuk membandingkan antara skor pre-test dan post-test dari skala self-esteem dan skala keyakinan irasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individual rational emotive behavior efektif terhadap self-esteem mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY. Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian diperoleh nilai probabilitas (p) = 0.042 lebih kecil dari α = 0.05 (0.042 < 0.05), maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan pada subjek terkait tingkat self-esteem sebelum dan sesudah konseling. Jadi, konseling individual rational emotive behavior efektif terhadap self-esteem mahasiswa Bimbingan dan Konseling FIP UNY.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: konseling individual rational emotive behavior, self-esteem
Subjects: Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:22
Last Modified: 01 Nov 2022 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53871

Actions (login required)

View Item View Item