Evaluasi Pelaksanaan Program Internship di Jurusan Pendidikan bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Dewi, Lathifa Rosiana (2017) Evaluasi Pelaksanaan Program Internship di Jurusan Pendidikan bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lathifa-rosiana-dewi-15701251020.swf

Download (2MB)

Abstract

Program Internship adalah program yang dilaksanakan oleh jurusan pendidikan bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Setiap mahasiswa mendapatkan kesempatan mengikuti coaching sebelum terjun ke sekolah mitra untuk melaksanakan praktik mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap program internship. Komponen yang dievaluasi dalam penelitian ini adalah tingkat kepuasan mahasiswa terhadap fasilitas, instruktur, jadwal, dan materi, dan peningkatan kemampuan mengajar mahasiswa. Model yang digunakan dalam evaluasi ini adalah Kirkpatrick.Populasi adalah mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris angkatan 2015.Sumber informasi diperoleh dari mahasiswa dan guru dengan menggunakan rumus Slovin.Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar penilaian.Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas konstruk, yaitu exploratory factor analysis.Reliabilitas diestimasi menggunakan Cronbach’s Alpha.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kepuasan mahasiswa untuk aspek fasilitas, masuk dalam kategori sangat puas (77.01%); (2) tingkat kepuasan mahasiswa untuk aspek instruktur, masuk dalam kategori sangat puas (82.76); (3) tingkat kepuasan mahasiswa untuk aspek jadwal, masuk dalam kategori puas (50.57%); (4) tingkat kepuasan mahasiswa untuk aspek materi, masuk dalam kategori sangat puas (89.66%); (5) peningkatan kemampuan mahasiswa masuk dalam kategori meningkat dengan kategori sangat tinggi. Oleh karena tingkat kepuasan mahasiswa terhadap aspek jadwal hanya masuk dalam kategori puas saja, maka, diberikan rekomendasi untuk melakukan perbaikan terhadap jadwal.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Internship, Kirkpatrick
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Depositing User: Users 86 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2017 03:13
Last Modified: 29 Jan 2019 12:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53870

Actions (login required)

View Item View Item