Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Flash dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa Kelas X SMA

Prayudo, Anindrio Suryo and Hernawati, Kuswari (2017) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Flash dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa Kelas X SMA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
abstrak.docx

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] Text
bagian awal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (86kB) | Preview
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia flash dengan metode penemuan terbimbing pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X dan mendeskripsikan kualitas media tersebut dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap analisis (analysis) meliputi analisis kurikulum dan materi, analisis siswa, dan analisis situasi. Tahap desain (design) meliputi menyusun desain media (garis-garis besar isi media, storyboard, bagan media, materi, latihan soal, dan evaluasi), instrumen penelitian (validasi oleh dosen ahli, tes hasil belajar, angket respon, dan observasi). Tahap pengembangan (development) meliputi mengembangkan media pembelajaran, analisis kevalidan oleh dosen ahli, dan revisi media). Tahap implementasi (implementation) meliputi uji coba media, observasi, angket respon terhadap siswa kelas X SMA N 5 Yogyakarta. Tahap evaluasi (evaluation) meliputi perbaikan media dari analisis kesalahan selama proses implementasi. Hasil penilaian terhadap media pembelajaran dari dosen ahli dan guru matematika berdasarkan aspek kualitas isi dan tujuan, instruksional, dan teknis memperoleh rata-rata keseluruhan 130,5 (klasifikasi baik) menunjukkan valid. Hasil analisis observasi dan respon keseluruhan memperoleh persentase keterlaksanaan 90,9% (klasifikasi sangat baik) dan rata-rata respon keseluruhan 2,9 (klasifikasi baik ) menunjukkan praktis. Dan hasil analisis tes hasil belajar memperoleh persentase ketuntasan rata-rata 87,5% (klasifikasi sangat baik) dengan rata-rata nilai 87 menunjukkan efektif. Oleh karena itu, dari penelitian ini menunjukkan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia flash dengan metode penemuan terbimbing pada materi dimensi tiga layak untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia flash, penemuan terbimbing, dimensi tiga
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:40
Last Modified: 30 Jan 2019 15:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53860

Actions (login required)

View Item View Item