Pengembangan Buku Pengayaan "Praktikum Kimia SMA Berbasis Kasus" Konsep Asam Basa sebagai Pedoman Guru dalam Membelajarkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Pesereta Didik SMA/MA

Ambarsari, Novi (2017) Pengembangan Buku Pengayaan "Praktikum Kimia SMA Berbasis Kasus" Konsep Asam Basa sebagai Pedoman Guru dalam Membelajarkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Pesereta Didik SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI_NOVI AMBARSARI_13303241041_PENDIDIKAN KIMIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menentukan komponen struktur buku pengayaan guru kimia SMA/MA untuk membelajarkan keterampilan penyelesaian masalah kepada peserta didik materi asam basa dan (2) mengetahui kualitas buku pengayaan guru kimia SMA/MA untuk membelajarkan keterampilan penyelesaian masalah kepada peserta didik materi asam basa berdasarkan komponen penilaian materi atau isi, penyajian, keterbacaan (bahasa dan gambar), grafika, dan kesesuaian dengan model PBL. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Design Based Research (DBR). Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari lima tahap yaitu tahap fokus, pemahaman, pendefinisian, pengonsepan, dan tahap pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket need assessment, kuisioner terbuka untuk memperoleh saran dan masukan produk, dan kuisioner checklist untuk memperoleh data skor penilaian produk yang terdiri dari 46 indikator penilaian. Hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa buku pengayaan guru yang telah dikembangkan memiliki komponen struktur, yaitu (1) bagian umum, (2) bagian awal buku, (3) bagian untuk peserta didik yang terdiri dari Lembar Kerja Peserta Didik, (4) bagian penjelasan untuk guru, dan (5) Lampiran. Buku pengayaan guru yang dikembangkan merupakan buku yang diperuntukkan bagi guru kimia SMA/MA, sebagai panduan bagi guru dalam membelajarkan keterampilan penyelesaian masalah materi asam basa dengan model pembelajaran berbasis masalah. Kualitas buku pengayaan termasuk kategori sangat baik persentase keidealan sebesar 85,22%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 08 Nov 2017 07:36
Last Modified: 30 Jan 2019 15:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53858

Actions (login required)

View Item View Item