Evaluasi Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat di Kabupaten Sleman

Wijayanto, Arif (2017) Evaluasi Program Pendidikan Kewirausahaan Masyarakat di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif-wijayanto-15704251012.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) dampak jangka panjang (2) outcome (3) output (4) proses (5) input program PKM di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang merujuk pada model Logical Framework dengan jenis penelitian kualitatif. Pendekatan evaluasi disusun secara sistematis meliputi evaluasi (a) dampak jangka panjang program, (b) outcome program, (c) output program, (d) proses program, dan (e) input program. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif. Adapun langkahnya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai evaluasi program PKM di Kabupaten Sleman adalah sebagai berikut (1) Dampak jangka panjang dicapai oleh LKP Silia dan LKP Macell EC, peserta pada kedua LKP mampu mensejahterakan kehidupannya masing-masing dengan cara berwirausaha; (2) Outcome dicapai oleh LKP Silia, namun tidak dicapai oleh LKP Macell EC. Peserta di LKP Silia mampu menggunakan pengetahuan kewirausahaan, keterampilan menjahit, serta modal usaha yang diperoleh dari program PKM untuk menjalnkan usaha menjahit, sedangkan peserta di LKP Macel EC tidak menggunakan pengetahuan berwirausaha, keterampilan service handphone dan modal usaha yang diperoleh dari program PKM unuk menjalankan usaha karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan teknologi; (3) Output dicapai oleh LKP Silia, namun tidak dicapai oleh LKP Macell EC. Setelah program PKM selesai dilaksanakan, peserta memiliki keterampilan menjahit, memiliki pengetahuan berwirausaha dan memiliki motivasi berwirausaha yang tinggi, sedangkan pada LKP Macell EC peserta menguasai teknik dasar memperbaiki handphone dan memiliki motivasi berwirausaha yang tinggi, namun tidak menguasai pengetahuan kewirausahaan yang telah diajarkan. Input tercapai atau sesuai dengan kriteria keberhasilan oleh LKP Silia, namun pada LKP Macell EC; (4) Proses dicapai oleh LKP Silia, namun tidak dicapai oleh LKP Macel karena penggunaan media di LKP Macell EC kurang maksimal dan kurang mendukung proses pembelajaran; (5) Iinput yang sesuai dengan prasyarat program telah dicapai oleh LKP Silia, namun tidak berhasil dicapai oleh LKP Macell EC terutama pada prasyarat tutor dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, program, pendidikan kewirausahaan masyarakat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2017 04:51
Last Modified: 09 May 2019 08:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53857

Actions (login required)

View Item View Item