Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar se-Kota Jayapura.

Sari, Rita (2017) Evaluasi Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar se-Kota Jayapura. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rita sari-15701259002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kinerja guru pada pembelajaran di Sekolah Dasar merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan, oleh karena itu perlunya kualitas yang baik dalam persiapan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana kinerja guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar kota Jayapura dilihat dari kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluasi. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product), namun memfokuskan pada komponen Process dan Product. Lokasi penelitian di Kota Jayapura Papua. Sampel penelitian ini adalah 30 guru kelas V, 90 teman sejawat guru, 9 kepala sekolah, dan 233 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan instrumen angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan cara menjabarkan data kuantitatif yang diperoleh pada saat penelitian mengevaluasi kinerja guru dalam pembelajaran. Instrumen lembar penilaian telah divalidasi oleh dua dosen dengan teknik expert judgment dengan menggunakan formula Aiken’s dan validitas angket di hitung dengan teknik Explanatory Factor Analysis, sedangkan reliabilitas diestimasi dengan teknik Cronbach Alpha lebih besar dari 0,5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Guru Sekolah Dasar se-Kota Jayapura adalah sebagai berikut: ditinjau dari aspek process kinerja guru pada proses pembelajaran yaitu pada kompetensi pedagogik penilaian diri, teman sejawat, kepala sekolah, dan peserta didik termasuk dalam kategori sangat tinggi/sangat baik sedangkan untuk kompetensi profesional penilaian diri, teman sejawat, dan kepala sekolah menunjukkan kinerja guru yang sangat baik, sedangkan untuk peserta didik termasuk dalam kategori tinggi/baik. Aspek Product menunjukkan bahwa prestasi akademik peserta didik perlu ditingkatkan. Penelitian evaluasi kinerja guru dalam pembelajaran di Sekolah Dasar se kota Jayapura sesuai dengan standar, yaitu hasil penelitian dari fakta menunjukkan bahwa mayoritas keempat responden menilai sangat tinggi/sangat baik pada aspek proses untuk kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, pembelajaran, kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesional.
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2017 04:47
Last Modified: 20 Jun 2022 03:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53856

Actions (login required)

View Item View Item