Pengembangan Media Buku Pop-up untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita pada Siswa Tunarungu Kelas IV di SLB B Karnnamanohara

Mardiah, Mardiah (2017) Pengembangan Media Buku Pop-up untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita pada Siswa Tunarungu Kelas IV di SLB B Karnnamanohara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-mardiah-15707259004.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) memperoleh informasi tentang media pembelajaran yang sesuai untuk siswa tunarungu belajar menulis cerita, (2) menghasilkan produk buku pop-up yang layak bagi siswa tunarungu, (3) mengetahui keefektifan produk buku pop-up yang dihasilkan dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa tunarungu. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah-langkah desain pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk. Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan meliputi: (a) define, b) design, (c) develop, dan (d) disseminate. Validasi produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, sedangkan uji coba produk dilakukan melalui 2 tahap, yakni uji coba terbatas pada 3 siswa tunarungu di SLB N 2 Bantul dan uji coba utama pada 11 siswa tunarungu di SLB B Karnnamanohara Sleman. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respon siswa tunarungu, dan tes keterampilan menulis. Pembelajaran menulis cerita siswa tunarungu selama ini menggunakan media gambar tunggal. Hal ini menyebakan anak tidak tertarik dan termotivasi untuk belajar menulis cerita sehingga keterampilan menulis ceritanya pun rendah. Berdasarkan karakteristiknya, siswa tunarungu membutuhkan media yang memaksimalkan tampilan visual. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk buku pop-up berbentuk cetak yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran siswa tunarungu. Hasil skor penilaian kelayakkan produk melalui validasi produk pada ahli materi sebesar 3,81 (sangat layak) dan pada ahli media sebesar 3,50 (sangat layak). Keefektifan buku pop-up dalam meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa tunarungu diperoleh berdasarkan perbandingan skor pretest sebesar 2,37 dan skor posttest sebesar 3,16. Berdasarkan perbandingan tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku pop-up efektif meningkatkan keterampilan menulis cerita pada siswa tunarungu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku pop-up, keterampilan menulis cerita, siswa tunarungu.
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2017 04:35
Last Modified: 09 May 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53855

Actions (login required)

View Item View Item