Diagnosis Kesulitan Mejawab Soal Materi Lingkaran pada Siswa SMPN Kelas VIII di Kabupaten Lombok Timur.

Abidin, Minhajjul (2017) Diagnosis Kesulitan Mejawab Soal Materi Lingkaran pada Siswa SMPN Kelas VIII di Kabupaten Lombok Timur. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-minhajjul-abidin-15701251027.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan karakteristik butir soal tes diagnostik materi lingkaran yang digunakan dalam penelitian, (2) mendeskripsikan seberapa besar persentase dari jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menjawab soal materi lingkaran, (3) mendeskripsikan diagnosis kesulitan siswa menjawab soal materi lingkaran berdasarkan model DINA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 416 siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Lombok Timur. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda materi lingkaran. Instrumen penelitian divalidasi berdasarkan pertimbangan para ahli. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan program R dengan CDM (Cognitive Diagnostic Model) model DINA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) indeks Aiken untuk tes termasuk kategori valid, yaitu sebesar 0,788, koefisien reliabilitas tes sebesar 0,809 yang artinya bahwa tes yang digunakan handal untuk mengukur kemampuan kognitif matematika dan hasil analisis menggunakan teori respon butir, model yang paling cocok adalah model 2-PL, (2) berdasarkan jawaban siswa diperoleh dari masing-masing kesalahan, dari kesalahan konsep sebesar 18,47%, kesalahan interpretasi sebesar 9,99%, kesalahan prosedur sebesar 7,80% dan kesalahan berhitung sebesar 14,57%. berdasarkan persentase kesalahan di atas, pada kesalahan konsep paling dominan sebesar 18,47% berarti ada 18,47% siswa dari total sampel 416 siswa masih kesalahan konsep dalam menjawab soal materi lingkaran, dan (3) Berdasarkan hasil analisis dengan model DINA, diperoleh bahwa kesulitan siswa dalam menjawab soal materi lingkaran yang paling dominan tidak dikuasai siswa pada soal menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan keliling lingkaran yaitu (A28) Kemampuan menghitung panjang lintasan, (A29) Kemampuan menghitung banyak putaran pada roda.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: diagnosis kesulitan belajar, model DINA, atribut
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2017 03:24
Last Modified: 09 May 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53845

Actions (login required)

View Item View Item