Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Metakognisi, dan Keterampilan Sosial Siswa Cerdas Istimewa.

Aprianita, Ririn (2017) Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Berorientasi pada Prestasi Belajar, Kemampuan Metakognisi, dan Keterampilan Sosial Siswa Cerdas Istimewa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ririn-aprianita-14709259005.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbasis pendekatan saintifik yang memiliki kualitas baik. Kualitas bahan ajar didasarkan pada kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif yang ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan metakognisi dan keterampilan sosial siswa cerdas istimewa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan yaitu model ADDIE yang terdiri atas tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas VIII H (cerdas istimewa) beserta satu guru matematika di SMP N 1 Wonosari. Instrumen penelitian terdiri atas lembar validasi, lembar penilaian bahan ajar oleh guru, angket respon siswa, soal tes prestasi belajar, soal tes dan angket kemampuan metakognisi, serta angket keterampilan sosial. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi skor kuantitatif menjadi kategori kualitatif skala lima. Bahan ajar valid jika skor yang diperoleh dari 2 validator atau lebih berada pada kategori minimal baik. Bahan ajar praktis jika hasil penilaian guru dan siswa minimal berada pada kategori mudah digunakan. Bahan ajar efektif ditinjau dari prestasi belajar jika persentase ketuntasan klasikal minimal 80% dan nilai rata-rata kelas minimal 80 pada masing-masing tes. Ditinjau dari kemampuan metakognisi dan keterampilan sosial, bahan ajar efektif jika minimal 75% siswa berada pada kategori minimal tinggi, serta terjadi peningkatan skor rata-rata klasikal berdasarkan angket sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar. Bahan ajar yang dihasilkan terdiri atas buku siswa dan buku guru pada materi perbandingan dan peluang kelas VIII semester 2. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan kategori sangat baik. Bahan ajar memenuhi kriteria praktis dengan kategori sangat mudah digunakan berdasarkan penilaian guru dan kategori mudah digunakan berdasarkan penilaian siswa. Bahan ajar memenuhi kriteria efektif berdasarkan hasil tes prestasi belajar, tes dan angket kemampuan metakognisi, serta angket keterampilan sosial. Persentase ketuntasan pada materi perbandingan dan peluang berturut-turut sebesar 91,7% dan 83,3%; dan nilai rata-rata 86,33 dan 82,83 pada skala 1–100. Persentase siswa dengan kemampuan metakognisi pada kategori minimal tinggi sebesar 79%. Peningkatan rata-rata skor angket kemampuan metakognisi sebesar 13,7 di mana skor maksimal angket adalah 100. Persentase siswa dengan keterampilan sosial pada kategori minimal tinggi sebesar 83,33%. Peningkatan rata-rata skor angket keterampilan sosial sebesar 16,46 di mana skor maksimal angket adalah 150. Hasil validasi ahli serta uji coba lapangan tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, pendekatan saintifik, prestasi belajar, kemampuan metakognisi, keterampilan sosial, siswa cerdas istimewa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Nov 2017 02:53
Last Modified: 09 May 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53842

Actions (login required)

View Item View Item