PENGEMBANGAN MODUL PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL UNTUK SISWA KELAS X BUSANA BUTIK SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA

Widia, Pratiwi (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL UNTUK SISWA KELAS X BUSANA BUTIK SMK DIPONEGORO DEPOK YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Widia Pratiwi_13513241012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Menghasilkan modul pembelajaran pemeliharaan bahan tekstil yang baik dan layak digunakan untuk siswa kelas X jurusan busana butik SMK Diponegoro Depok Yogyakata dan 2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran pemeliharaan bahan tekstil pada siswa kelas X Tata Busana butik SMK Diponegoro Depok Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang disederhanakan oleh Tim Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan, yang terdiri lima langkah pengembangan yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan produk awal, 3) validasi ahli dan revisi, 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, dan 5) uji lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan untuk menilai baik dari segi materi maupun media dibuktikan validitasnya melalui vaiditas isi dan konstrak. Setelah instrumen dinyatakan valid oleh expert maka instrumen dapat digunakan oleh ahli media dan materi untuk menilai kelayakan modul. Subyek penelitian uji coba skala kecil untuk instrumen angket berjumlah 7 siswa kelas X, terdapat butir 3 butir soalpada instrumen yang gugur dan dinyatakan valid 30 butir soal. Subyek penelitian uji coba skala besar berjumlah 21 siswa kelas X. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: 1) produk berupa modul pembelajaran pemeliharaan bahan tekstil, yang baik dan layak digunakan oleh siswa SMK Diponegoro yogyakarta. 2) Hasil uji kelayakan modul pemeliharaan bahan tekstil menurut ahli materi meunjukan skor rerata 18 danAhli media mendapatkan skor rerata 21 sehingga apabila dilihat dari tabel kriteria kelayakan modul maka termasuk dalam kategori “layak”. Penilaian oleh siswa dari kelayakan secara keseluruhan dilakukan oleh 21 siswa, dengan rerata skor 94.952 termasuk dalam kategori layak, dengan prosentase kategori sangat baik 48% dan kategori baik sebesar 52%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, modul, pemeliharaan bahan tekstil
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 15:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53840

Actions (login required)

View Item View Item