PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING MATERI PENGARUH BAHAN PENGEMBANG PADA PEMBUATAN MUFFIN UNTUK MATA PELAJARAN PRODUK CAKE DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Eky, Nursanti (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STUDENT CENTERED LEARNING MATERI PENGARUH BAHAN PENGEMBANG PADA PEMBUATAN MUFFIN UNTUK MATA PELAJARAN PRODUK CAKE DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Eky Nursanti_13511244017.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran student centered learning materi pengaruh bahan pengembang pada pembuatan muffin untuk mata pelajaran produk cake di SMK Negeri 4 Yogyakarta, (2) mengetahui kelayakan media video berdasarkan ahli materi, ahli media, dan user. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan penelitian ini menggunakan 4D (define, design, develop, disseminate) yaitu 1) define untuk menentukan tujuan, 2) design merupakan perencanaan untuk membuat rancangan media, 3) develop adalah pengembangan media dengan dilakukan uji validasi ahli materi, ahli media, dan user sebanyak 30 responden, 4) disseminate adalah penyebarluasan produk dengan mengunggah ke situs YouTube. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Video pembelajaran student centered learning materi pengaruh bahan pengembang pada pembuatan muffin untuk mata pelajaran produk cake di SMK Negeri 4 Yogyakarta memiliki durasi 8 menit 47 detik dengan format .mp4 berisi tentang Penggunaan Bahan Pengembang pada Pembuatan Muffin dengan jumlah dan jenis yang berbeda. Bagian-bagian video antara lain: a) Pembukaan yang berisi tentang materi yang disampaikan oleh talent dosen. b) Bagian isi mencakup: persiapan alat, persiapan bahan, proses pembuatan, proses pengukuran, dan proses pengujian sensorik yang dilakukan oleh talent mahasiswa dan pengisi suara/ dubber. c) Penutup disampaikan oleh talent dosen yang berisi evaluasi dan kesimpulan dari video. Video disebarluaskan dengan mengunggah ke situs YouTube pada channel Pendidikan Teknik BogaUniversitas Negeri Yogyakarta dengan URL https://goo.gl/8KiiNQ. 2) Hasil penilaian kelayakan media pembelajaran student centered learning materi pengaruh bahan pengembang pada pembuatan muffin untuk mata pelajaran produk cake di SMK Negeri 4 Yogyakarta oleh ahli materi pada kategori sangat layak sebesar 43,48% dan kategori layak sebesar 56,52%, oleh ahli media adalah 100% sehingga masuk dalam kategori sangat layak, dan penilaian kelayakan oleh siswa pada kategori sangat layak sebesar 26,52% dan kategori layak sebesar 70,72%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media video, produk cake, SCL
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:17
Last Modified: 30 Jan 2019 15:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53828

Actions (login required)

View Item View Item