PENGARUH PERUBAHAN DURASI INJEKSI DAN TIMING PENGAPIAN TERHADAP PEFORMA MESIN HONDA VARIO 125 MENGGUNAKAN ECU PROGRAMMABLE JUKEN 2 YAMAHA VIXION PADA MOBIL HYBRID H15 GARUDA UNY

CHAHYO, HANDOKO (2017) PENGARUH PERUBAHAN DURASI INJEKSI DAN TIMING PENGAPIAN TERHADAP PEFORMA MESIN HONDA VARIO 125 MENGGUNAKAN ECU PROGRAMMABLE JUKEN 2 YAMAHA VIXION PADA MOBIL HYBRID H15 GARUDA UNY. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
1304244002 Chahyo Handoko.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perubahan durasi injeksi dan timing pengapian menggunakan ECU programable Juken 2 pada mesin hybrid H15 terhadap torsi dan daya yang dihasilkan oleh mesin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan mesin Vario 125 pada mobil hybrid H15. Penelitian dilakukan dengan menggunakan dynotest untuk mengukur torsi dan daya yang dihasilkan mesin. Metode analisis data dilakukan secara analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) durasi injeksi dan timing pengapian yang distel sesuai kebutuhan mesin dengan tepat dapat menaikkan torsi mesin sebesar 5,08 Nm dari 9,66 Nm menjadi 14,56 Nm dibandingkan yang belum dilakukan penyetelan sesuai kebutuhan mesin. (2) durasi injeksi dan timing pengapian yang distel sesuai kebutuhan mesin dengan tepat dapat menaikkan daya mesin sebesar 3,1 HP dari 7,0 HP menjadi 10,1 HP dibandingkan yang belum dilakukan penyetelan sesuai kebutuhan mesin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: torsi mesin, daya mesin, ECU programable Juken 2, mesin hybridH15
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:22
Last Modified: 30 Jan 2019 15:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53826

Actions (login required)

View Item View Item