HUBUNGAN HASIL BELAJAR INDUSTRI KREATIF DAN PRAKTIK INDUSTRI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA BUSANA PROGRAM STUDI TATA BUSANA SMK N 1 NGAWEN

Kartika, Dwi Hidayati (2017) HUBUNGAN HASIL BELAJAR INDUSTRI KREATIF DAN PRAKTIK INDUSTRI DENGAN MINAT BERWIRAUSAHA BUSANA PROGRAM STUDI TATA BUSANA SMK N 1 NGAWEN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_KARTIKA DWI HIDAYATI (11513244015-NR).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) hasil belajar Industri Kreatif yang dicapai siswa program studi tata busana SMK N 1 Ngawen,(2)hasil belajar Praktik Industri yang dicapai siswa program studi tata busana SMK N 1 Ngawen,(3) minat berwirausaha siswa program studi tata busana SMK N 1 Ngawen,(4) hubungan hasil belajar IndustriKreatif dengan minat berwirausaha busana program studi tata busana SMK N 1 Ngawen,(5) hubungan hasil belajar Praktik Industri dengan minat berwirausaha busana program studi tata busana SMK N 1 Ngawen,(6) hubungan hasil belajar Industri Kreatif dan Praktik Industri secara bersama–sama dengan minat berwirausaha busana program studi tata busana SMK N 1 Ngawen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII tata busana SMK N 1 Ngawen yang telah menempuh pelajaran Industri Kreatif dan Praktik Industri sebanyak 61 siswa. Ukuran sampel penelitian sebanyak 51 siswa ditentukan dengan rumus tabel isaac dan michael dengan taraf signifikansi 5%. Data dikumpulkan dengan dokumentasi dari guru untuk mengetahui hasil belajar industri kreatif dan praktik industri dan angket untuk mengukur minat berwirausaha siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan korelasi product moment berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Hasil belajar Industri Kreatif dinyatakan tuntas (100%), seluruh siswa telah mencapai nilai KKM > 75, (2) hasil belajar Praktik Industri siswa sebagian besar memiliki skor rata–rata 83,27 termasuk dalam kategori baik, (3) minat berwirausaha berada dalam kategori tinggi yitu sebesar 43,1% pada interval skor 83,1<x≤91,4, (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara hasil belajar Industri Kreatif dengan minat berwirausaha dibuktikan dengan rhitung (0,452) > rtabel (0,279) pada taraf signifikansi 5%, (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Praktik Industri dengan minat berwirausaha dibuktikan dengan rhitung (0,775) > rtabel (0,279) pada taraf signifikansi 5%, (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara hasil belajar Industri Kreatif dan Praktik Industri secara bersama–sama dengan minat berwirausaha dibuktikan dengan Ry(1.2)(0,798) > rtabel (0,279) pada taraf signifikansi 5% dalam kategori kuat, sehingga hasil belajar industri kreatif dan praktik industri memberikan sumbangan terhadap minat berwirausaha sebesar 79,8% dilihat dari nilai R, sedangkan 20,2% berasal dari variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar Industri Kreatif, Praktik Industri, Minat Berwirausaha
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 22 Nov 2017 01:26
Last Modified: 30 Jan 2019 15:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53824

Actions (login required)

View Item View Item