EFEK PERBANDINGAN Ti8 DAN Ag+ DALAM PREKURSOR TERHADAP KARAKTER FISIK TiO2-TERSENSITIFKAN AgCl (TiO2@AgCl) YANG DISINTESIS DALAM SUASANA BASA NH4OH

Ningrum, Amin Sri Wahyu (2017) EFEK PERBANDINGAN Ti8 DAN Ag+ DALAM PREKURSOR TERHADAP KARAKTER FISIK TiO2-TERSENSITIFKAN AgCl (TiO2@AgCl) YANG DISINTESIS DALAM SUASANA BASA NH4OH. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1_Skripsi_Amin Sri Wahyu Ningrum_Kimia 2013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan AgNO3 pada TiO2 terhadap karakter fisik TiO2@AgCl. Metode sintesis yang digunakan yakni presipitasi pada kondisi basa. TiO2 tersensitifkan AgCl dihasilkan dari campuran prekursor [Ti8O12(H2O)24]Cl8.HCl.7H2O dengan TiCl4 sebagai sumber Ti dan AgNO3 sebagai sumber AgCl dengan variasi perbandingan mol Ti8 : AgNO3 adalah 1: 9, 1:10, 1:11, 1:12, dan 1:13. Penambahan NH4OH dilakukan hingga pH 11 dan larutan berubah menjadi putih seperti gelatin. Larutan dipanaskan menggunakan penangas minyak pada suhu 450C selama 2 jam. Endapan yang dihasilkan kemudian dioven pada suhu 800C selama 2 jam selanjutnya dikarakterisasi menggunakan X-Ray Difraction (XRD), Spektrofotometer UV-Vis Diffuce Reflectance (UV-Vis DR) dan Scanning Electron Microscopy Energy Dispersive X-ray (SEM-EDX). Hasil analisis XRD menunjukkan bahwa seluruh sampel bersifat amorf dan menunjukkan fasa nanopartikel. Ukuran partikel yang sangat kecil dan bersifat amorf menyebabkan XRD tidak mampu menganalisis jenis fasa TiO2 dan menentukan ukuran partikel TiO2 (D). Fasa AgCl yang muncul pada spektra XRD merupakan AgCl yang tidak menempel pada TiO2. Hasil uji UV-Vis DR menunjukkan seluruh sampel memiliki Eg pada rentang (1,6-3,39) eV. Energi celah pita produk TiO2@AgCl ini sesuai untuk fotokatalis di daerah sinar tampak. Uji SEM memperlihatkan bahwa sampel TiO2@AgCl mengalami aglomerasi dan terlihat bentuk nanopartikel tersebut adalah spheric. Uji mapping menunjukkan persebaran warna atom Ti, O, Ag, dan Cl yang merata dipermukaan. Hal tersebut membuktikan bahwa AgCl yang tersensitifkan telah berhasil menempel di permukaan TiO2.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 Nov 2017 04:18
Last Modified: 30 Jan 2019 15:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53819

Actions (login required)

View Item View Item