IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN, JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SD NEGERI KARANGREJEK 2 KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Arifin, Wahyu (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN, JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SD NEGERI KARANGREJEK 2 KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
WAHYU ARIFIN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, serta hambatan yang ditemui guru dalam implementasi Kurikulum 2013 di kelas 4 SD Negeri Karangrejek 2 Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru, siswa, dan kepala SD Negeri Karangrejek 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan mengunakan alat bantu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru menyusun RPP dengan mendownload RPP yang sudah disediakan di web kemendikbud dan disesuaikan dengan kondisi sekolah. RPP yang disusun guru sudah sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013 guru sudah melaksanakan pembelajaran secara tematik integratif, menggunakan pendekatan pembelajaran scientific, dan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. Dalam penilaian pembelajaran Kurikulum 2013, guru sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Penilaian Autentik yang digunakan guru antara lain pengamatan, penilaian diskusi, kinerja, portofolio dan tertulis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum 2013, SD
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Nov 2017 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 15:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53816

Actions (login required)

View Item View Item