MINAT SISWA KELAS VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI 2 GODEAN KAB. SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Setiadi, Laraswati Rosalina (2017) MINAT SISWA KELAS VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI 2 GODEAN KAB. SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Laraswati Rosalina Setiadi_PJKR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perilaku atau kesungguhan siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Godean Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Godean Kabupaten Sleman DIY yang berjumlah 119 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan rincian validitas dari 31 butir pertanyaan dihasilkan 28 butir pertanyaan yang valid dan hasil reliabilitasnya sebesar 0,921. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Godean Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sedang dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berada pada kategori sedang dengan 57 orang atau 47,9%. Tingkat minat siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 2 Godean Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang berkategori sangat tinggi 11 orang atau 9,24%, tinggi 16 orang atau 13,45%, sedang 57 orang atau 47,9%, rendah 26 orang atau 21,85% dan sangat rendah 9 orang atau 7,56%. Penulis memberikan saran kepada guru penjas diharapkan melakukan tindakan atas dasar hasil penelitian untuk meningkatkan minat belajar siswa serta sekolah agar dapat meningkatkan kualitas prasarana dan sarana penjas sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat, pembelajaran, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Nov 2017 01:33
Last Modified: 30 Jan 2019 15:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53813

Actions (login required)

View Item View Item