PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEMELIHARA/SERVICE SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN PADA SISWA KELAS XI TKR A DAN TKR B KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Edwin, Imam Aditya (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MEMELIHARA/SERVICE SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN PADA SISWA KELAS XI TKR A DAN TKR B KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMADIYAH 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, (2) Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, (3) Pengaruh Minat Belajar, dan Faslitas Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa Kelas XI TKR A dan TKR B Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI TKR A dan TKR B TKR SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, dengan jumlah 67 siswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Angket untuk mengumpulkan data Minat Belajar, dan Fasilitas Belajar sedangkan dokumentasi untuk mengambil data Prestasi Belajar. Uji coba instrumen ini dilakukan terhadap 30 siswa kelas XI TKR C SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, dan hipotesis kedua, serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis meliputi uji linieritas dan multikolinieritas. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 2,517 > 1,998. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 3,100 > 1,998. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar dan Fasilitas Belajar, secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI TKR SMK Muhammadiyah 1 Bambanglipuro, yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: Fhitung 7,095 > 3,14 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi sebesar 0,181 yang artinya sebesar 18,1% ketiga variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Nov 2017 01:32
Last Modified: 30 Jan 2019 15:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53811

Actions (login required)

View Item View Item