ANALISIS PEMENUHAN FASILITAS PRAKTEK DAN KETERAMPILAN PRAKTEK SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Achmad, Muchlisin (2017) ANALISIS PEMENUHAN FASILITAS PRAKTEK DAN KETERAMPILAN PRAKTEK SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui pemenuhan fasilitas praktik yang ada di Bengkel Teknik Kendaraan Ringan pada SMK Negeri di Kabupaten Sleman Yogyakarta, dan (2) Mengetahui nilai kompetensi praktik siswa Teknik Kendaraan Ringan pada SMK Negeri di Kabupaten Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode ex post facto . Subjek penelitian ini ialah SMK Negeri 1 Cangkringan, SMK Negeri 1 Seyegan, dan SMK Negeri 2 Depok. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari 3 sekolah kejuruan Teknik Kendaraan Ringan pada SMK Negeri di Kabupaten Sleman, Terdapat 2 sekolah SMK Negeri yang sudah dikatagorikan layak, yakni SMK Negeri C dan SMK Negeri B. Karena pada kedua sekolah tersebut telah memiliki sarana alat praktek dan prasarana ruang praktek yang sesuai dengan standar. Sedangkan 1 sekolah negeri yang lain dikatagorikan cukup layak, yakni SMK Negeri A. karena masih memiliki kekurangan pada prasarana ruang praktek yang belum sesuai standar. Akan tetapi sarana alat praktek yang dimiliki SMK Negeri A sudah dalam katagori layak. (2) Dari aspek keterampilan yang dimiliki siswa pada masing-masing sekolah, menunjukkan adanya perbedaan nilai keterampilan praktek. Dengan perolehan nilai rata-rata keterampilan praktek sebesar 90.20 pada SMK Negeri C, 86.92 pada SMK Negeri B, dan 84.79 pada SMK Negeri A. Tinggi rendahnya perolehan nilai keterampilan disebabkan oleh banyak faktor penunjang, salah satunya adalah fasilitas. Dengan fasilitas yang baik maka akan menunjang pembelajaran praktek yang berkaitan dengan keterampilan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas praktek, Sarana praktek, Prasarana ruang praktek, Keterampilan praktek
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2017 01:55
Last Modified: 30 Jan 2019 15:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53802

Actions (login required)

View Item View Item