PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN CHASSIS OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN

Aprilianto, Ardi (2017) PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG PADA MATA PELAJARAN CHASSIS OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TAS_ARDI APRILIANTO_UNY_12504241007.pdf

Download (195MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui proses pengembangan alat evaluasi berbasis permainan teka-teki silang, 2) mengetahui kelayakan alat evaluasi berbasis permainan teka-teki silang, dan 3) mengetahui penilaian siswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah 1 Moyudan tentang alat evaluasi berbasis permainan teka-teki silang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi dan memodifikasi model pengembangan 4D. Adapun kegiatan pembuatan dan pengembangan produk dilakukan melalui empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Metode pengumpulan data menggunakan metode non test seperti observasi, wawancara, dan kuesioner. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: 1) proses pengembangan alat evaluasi berbasis permainan teka-teki silang dilakukan melalui empat tahapan yaitu tahap define telah dilakukan kegiatan analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, analisis materi, dan perumusan tujuan. Selanjutnya tahap design telah dilakukan kegiatan pemilihan media, pembuatan paket soal, pembuatan teka-teki silang, perancangan desain produk, dan pembuatan produk awal. Kemudian tahap develop telah dilakukan kegiatan penilaian kelayakan produk dan uji coba produk pada kelompok siswa skala kecil maupun skala besar. Setelah didapatkan produk akhir penelitian, selanjutnya pada tahap disseminate telah dilakukan sosialisasi dan penyebarluasan produk ke siswa dan beberapa SMK yang memiliki kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan. 2) hasil penilaian kelayakan produk oleh ahli materi termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rerata skor 3,34, oleh ahli media termasuk dalam kategori baik dengan nilai rerata skor 3,08 (ahli media I) dan 3,09 (ahli media II), dan oleh guru Chassis Otomotif termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rerata skor 3,61. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi berbasis permainan teka-teki silang ini layak untuk dapat digunakan sebagai alat evaluasi dalam kegiatan belajar mengajar. 3) hasil penilaian siswa pada kelompok kecil termasuk dalam kategori baik dengan nilai rerata skor 3,16. Sedangkan pada kolompok besar termasuk dalam kategori baik dengan nilai rerata skor 3,01.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: alat evaluasi, chassis otomotif, teka-teki silang
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2017 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 15:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53798

Actions (login required)

View Item View Item