Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik SMP

Rini, Endah Setya (2017) Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-endah-setia-rini-13708251099.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis problem solving, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran IPA berbasis problem solving dengan tema pemanasan global yang dikembangkan menggunakan Macromedia Flash 8 Profesional sebagai media pembelajaran oleh ahli media, ahli materi dan guru, (3) mengetahui peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VII di SMP Negeri 15 Yogyakarta setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan rancangan pretest-post testone group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Sampel penelitian diambil dengan metode stratified random sampling. Pengembangan media pembelajaran menggunakan 8 tahap yang diadaptasi dari model Borg &Gall. Penilaian media pembelajaran yang dikembangkan dilakukan oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli media, satu orang pendidik. Ujicoba produk dilakukan kepada 12 orang peserta didik sebagai ujicoba kelompok kecil. Uji coba lapangan dilakukan kepada 24 peserta didik sebagai kelompok kontrol, dan 24 peserta didik sebagai kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian kualitas media pembelajaran, angket motivasi belajar, dan angket kemampuan berpikir kritis. Teknik analisa yang digunakan meliputi konversi skor ke nilai, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t test. Hasil penelitian ini (1) berupa seperangkat media pembelajaran dalam bentuk compact disc, (2) media pembelajaran yang dinyatakan sangat layak ditinjau dari aspek materi dan aspek media oleh ahli mdia, ahli materi, dan guru, (3) motivasi belajar dan berpikir kritis peserta didik meningkat setelah menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, motivasi belajar, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:56
Last Modified: 09 May 2019 08:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53795

Actions (login required)

View Item View Item