Pengembangan dan Analisis Kualitas Game Edukasi Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Materi Pemrograman Dasar Siswa SMK Kelas X

Dwinanto, Arif (2017) Pengembangan dan Analisis Kualitas Game Edukasi Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Materi Pemrograman Dasar Siswa SMK Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arif-dwinanto-15720251006.swf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan aplikasi game edukasi pada materi pemrograman dasar siswa SMK kelas X, dan (2) mengetahui kualitas aplikasi game edukasi yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan research and development (R&D). Pengembangan aplikasi game edukasi ini dilakukan melalui empat tahap sesuai dengan metode waterfall, yaitu tahap communication, tahap planning, tahap modeling, tahap construction dan tahap deployment. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Aplikasi game edukasi menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis web yang dikembangkan dengan framework Codeigniter, memiliki fitur utama untuk melakukan evaluasi pembelajaran kepada siswa secara kooperatif dengan cara membagi siswa menjadi beberapa tim, melakukan permainan, mengikuti turnamen antar tim dan rekognisi tim. (2) Hasil pengujian menunjukkan aplikasi game edukasi telah memenuhi standar ISO/IEC 25010 pada aspek: (a) functional suitability, yang berjalan 100% dan memiliki nilai X=1; (b) performance efficiency, yang dapat memuat halaman web dalam waktu 2.76 detik, performa PageSpeed sebesar 91% (grade A) dan YSlow sebesar 93% (grade A); (c) usability, dengan nilai persentase SMKN 1 Limboto sebesar 89,12% dan SMK Negeri 1 Gorontalo sebesar 88.18%; (d) security, dengan tingkat kerentanan terhadap serangan berada pada level 1 (low); (e) reliability, dengan hasil kriteria successful session, hits dan pages sebesar 100%; (f) maintainability, yang memiliki nilai maintainability index sebesar 92.26; (g) portability, yang berhasil dijalankan pada empat desktop browser dan mobile yang berbeda

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, pemrograman dasar , ISO/IEC 25010
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Program Pascasarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:13
Last Modified: 06 Nov 2017 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53789

Actions (login required)

View Item View Item