Pengaruh Penerapan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar (Kognitif), Sikap Disiplin, dan Keterampilan Mengobservasi Siswa SMP Kelas VIII

Rusdayanti, Hastin (2017) Pengaruh Penerapan Subject Specific Pedagogy (SSP) IPA Berbasis Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar (Kognitif), Sikap Disiplin, dan Keterampilan Mengobservasi Siswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hastin-rusdayanti-15708259014.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan SSP IPA berbasis CTL terhadap: (1) prestasi belajar (kognitif), (2) sikap disiplin, (3) keterampilan mengobservasi, (4) prestasi belajar, sikap disiplin dan keterampilan mengobservasi siswa SMP kelas VIII secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian pretest and posttest nonequivalent group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Jatirejo dan SMP Puri. Sampel penelitian di SMPN 1 Jatirejo yaitu kelas VIII-B sebagai kelas kontrol (32 siswa) dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen (32 siswa). Sedangkan sampel penelitian di SMP Puri yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen (28 siswa) dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol (28 siswa). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Perangkat SSP yang digunakan dalam penelitian ini merupakan perangkat hasil pengembangan dari Hariyanti Sapti Rahayu (2016). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar (kognitif) siswa sebelum dan sesudah perlakuan, sedangkan non tes berupa lembar observasi untuk mengukur sikap disiplin dan keterampilan mengobservasi selama diberi perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: gain standart dan analisis signifikansi dengan menggunakan: (1) one way manova, (2) independent samples t-test, dan (3) two way manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan SSP IPA berbasis CTL berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan: (1) prestasi belajar (kognitif), (2) sikap disiplin, (3) keterampilan mengobservasi, (4) prestasi belajar, sikap disiplin dan keterampilan mengobservasi siswa SMP kelas VIII secara bersama-sama

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: subject specific pedagogy, contextual teaching and learning, prestasi belajar, sikap disiplin, keterampilan mengobervasi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:57
Last Modified: 09 May 2019 08:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53785

Actions (login required)

View Item View Item