Pengembangan Industrial Trainer Kit Untuk Pembelajaran Praktik Programmable Logic Controllers Di Sekolah Menengah Kejuruan

Sukir, Sukir (2017) Pengembangan Industrial Trainer Kit Untuk Pembelajaran Praktik Programmable Logic Controllers Di Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sukir-0702261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kebutuhan pada pembelajaran praktik PLC di SMK; (2) menghasilkan industrial trainer kit berupa trainer kit PLC dasar, konveyor, dan lengan robot dengan disertai kategori unjuk kerjanya; (3) mendapatkan tingkat kelayakan produk industrial trainer kit berupa trainer kit PLC dasar, konveyor, lengan robot, dan modul pembelajaran; dan (4) mendapatkan efektivitas penggunaan industrial trainer kit berupa: trainer kit PLC dasar, konveyor, lengan robot, dan modul dalam pembelajaran praktik PLC di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE menurut Robert Maribe Branch. Langkah-langkah penelitian yang dilakukan antara lain: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada langkah pengembangan terdapat kegiatan berupa validasi ahli dan guru terhadap produk industrial trainer kit yang dilaksanakan dengan Focus Group Discussion. Pada langkah implementasi industrial trainer kit dalam pembelajaran menggunakan quasi experimental design dengan bentuk pretest-posttest nonequivalent control group design, yang dilakukan di SMK N2 Pengasih. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, survey, wawancara, dan tes, dengan menggunakan instrumen: lembar observasi, angket, panduan wawancara, dan soal tes. Validitas instrumen ditentukan menggunakan validitas muka dan validitas isi melalui expert judgement. Reliabilitas instrumen berupa angket dan lembar observasi dengan responden yang cukup banyak ditentukan melalui perhitungan koefisien reliabilitas menggunakan rumus alfa dari Cronbach. Reliabilitas instrumen berupa lembar observasi dengan responden dua orang pengamat ditentukan dengan menggunakan koefisien kesepakatan menurut Scott. Data dianalisis secara deskriptif, sedangkan data yang diperoleh dalam quasi experimental design dianalisis dengan menggunakan uji beda non parametrik Mann Whitney dan Wilcoxon dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pada pembelajaran praktik PLC di SMK sangat membutuhkan industrial trainer kit berupa: trainer kit PLC dasar, konveyor, lengan robot dan modul pembelajaran praktik PLC; (2) industrial trainer kit yang dihasilkan berupa: trainer kit PLC dasar, konveyor, dan lengan robot mempunyai unjuk kerja dengan kategori sangat baik; (3) produk industrial trainer kit berupa: trainer kit PLC dasar, konveyor, dan lengan robot mempunyai kelayakan pada kategori sangat layak, sedangkan modul pembelajaran praktik PLC mempunyai kelayakan pada kategori layak; dan (4) penerapan industrial trainer kit, berupa: trainer kit PLC dasar, konveyor, lengan robot dan modul, dalam pembelajaran praktik PLC di SMK dapat efektif meningkatkan capaian hasil belajar siswa pada ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: industrial trainer kit, modul pembelajaran, programmable logic controllers
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:09
Last Modified: 22 Aug 2022 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53782

Actions (login required)

View Item View Item