PENGEMBANGAN KOMIK MATERI KESELAMATAN KERJA DAN ALAT PELINDUNG KERJA PADA MATA PELAJARAN SANITASI HYGIENE DAN K3 SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMK PROGRAM STUDI JASA BOGA KELAS X

Juwita, Sari (2017) PENGEMBANGAN KOMIK MATERI KESELAMATAN KERJA DAN ALAT PELINDUNG KERJA PADA MATA PELAJARAN SANITASI HYGIENE DAN K3 SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA SMK PROGRAM STUDI JASA BOGA KELAS X. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi Juwita Sari.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan Komik Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bagi siswa SMK Muhammadiyah 1 Moyudan kelas X Jasa Boga. 2) Mengetahui kelayakan Komik Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) sebagai sumber belajar siswa di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan pada program studi Jasa Boga kelas X. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D dengan model 4D (Define, Design, Develop ed , Disseminat e ). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jasa Boga SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Obyek dalam penelitian ini adalah Komik Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Validasi komik dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Uji kelayakan komik Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dilakukan oleh 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh: 1) Pengembangan Komik Kesehatan dan Keselamatan Kerja menggunakan program adobe photoshop CS5 , ukuran buku komik B6, cover dan isi komik berwarna, berjumlah 54 halaman. 2) Penilaian dari ahli materi menunjukkan hasil kelayakan sebesar 80,85%, ahli media menunjukkan hasil kelayakan sebesar 91,25%, dan penilaian siswa menyatakan hasil kelayakan sebesar 85,94%. Dari data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media Komik Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai sumber belajar bagi siswa SMK pada program studi Jasa Boga kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komik, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 07 Nov 2017 01:54
Last Modified: 30 Jan 2019 15:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53781

Actions (login required)

View Item View Item