Penerapan Project Based Learning Dengan Lesson Study untuk Peningkatan Hasil Belajar Teknik Pemesinan Frais

Parhusip, Bastian Rikardo (2017) Penerapan Project Based Learning Dengan Lesson Study untuk Peningkatan Hasil Belajar Teknik Pemesinan Frais. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bastian-rikardo-parhusip-15722251005.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mewujudkan peserta didik yang aktif dan terampil, (2) untuk meningkatkan pengetahuan peserta didik melalui penerapan project based learning dengan lesson study pada mata pelajaran teknik pemesinan frais, dan (3 untuk meningkatkan keterampilan peserta didik melalui penerapan project based learning dengan lesson study pada mata pelajaran teknik pemesinan frais. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Experiment dengan desain One group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal, job sheet, lembar pengamatan lesson study, penilaian hasil kerja dan dokumentasi. Validitas intrumen yang digunakan yaitu validitas konstruk. Validitas konstruk dilakukan dengan mengkonsultasikan kepada dosen pembimbing dan para ahli (expert judgement). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kegiatan lesson study dapat mewujudkan peserta didik yang aktif, dan terampil. dilihat dari hasil pengamatan observer keaktifan siswa berada di atas 90% dan masuk dalam kategori sangat aktif, (2) penerapan project based learning dengan lesson study dapat meningkatkan hasil belajar pengetahuan siswa. Hasil analisis data menunjukkan perbedaan rata-rata antara hasil belajar pretest sebesar 77,33 dan hasi belajar postest sebesar 84,67, dan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai p atau Sig. (2-tailed) adalah 0.000, lebih kecil dari taraf signifikansi yang sudah ditentukan yaitu 0.05 ( p atau Sig. (2tailed) < 0.05), (3) penerapan project based learning dengan lesson study dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan siswa. Hasil analisis data menunjukkan perbedaan rata-rata hasil belajar pretest sebesar 88,23 sedangkan postest sebesar 90,67, dan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai p atau Sig. (2-tailed) adalah 0.000, lebih kecil dari taraf signifikansi yang sudah ditentukan yaitu 0.05 (p atau Sig. (2tailed) < 0.05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran praktik, kompetensi pemesinan, aktivitas pembelajaran.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Nov 2017 03:35
Last Modified: 09 May 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53764

Actions (login required)

View Item View Item