Eksplorasi Kemampuan Penalaran, Komunikasi, dan Representasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Indramayu

Absorin, Absorin (2017) Eksplorasi Kemampuan Penalaran, Komunikasi, dan Representasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Indramayu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-absorin-15709259013.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan matematis, yang terdiri atas kemampuan penalaran, komunikasi, dan representasi matematis siswa SMP di Kabupaten Indramayu, serta mendeskripsikan indikator apa saja yang unggul dan lemah pada masing-masing kemampuan matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP baik negeri maupun swasta kelas VIII di Kabupaten Indramayu tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 390 siswa. Sampel berasal dari sekolah dengan hasil Ujian Nasional tahun 2016 pada mata pelajaran matematika yang tergolong strata sekolah tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified ramdon sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes uraian sebanyak 10 soal (Cronbach Alpha = 0,87), dimana setiap soal berisi sebuah stem dengan beberapa pertanyaan dengan rincian 9 item pertanyaan yang mengukur kemampuan penalaran matematis, 7 item pertanyaan yang mengukur kemampuan komunikasi matematis dan 6 item pertanyaan yang mengukur kemampuan representasi matematis. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif melalui dua cara, yaitu estimasi titik dan estimasi interval rata-rata untuk menentukan kategori ketercapaian pada masing-masing kemampuan matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan matematis siswa SMP di Kabupaten Indramayu berada pada kategori sedang. Begitu juga pada kemampuan penalaran matematis siswa termasuk dalam kategori sedang. Selanjutnya capaian nilai rata-rata skor tertinggi kemampuan penalaran matematis siswa, terdapat pada indikator soal menarik kesimpulan dari pernyataan suatu argumen, sedangkan capaian rata-rata skor terendah siswa, pada indikator soal membuat generalisasi mengenai suatu masalah matematika. Kemudian capaian rata-rata skor kemampuan komunikasi matematis siswa termasuk dalam kategori sedang. Lebih lanjut, berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis, capaian rata-rata skor tertinggi siswa yakni pada indikator soal menuliskan pendapat dengan penjelasan atau alasan yang logis, terhadap suatu pernyataan atau penyelesaian masalah, sedangkan capaian rata-rata skor terendah siswa, pada indikator soal menafsirkan solusi atau kesimpulan dari penyelesaian masalah. Selanjutnya capaian rata-rata skor kemampuan representasi matematis siswa berada pada kategori sedang. Ditinjau dari indikator kemampuan representasi matematis, rata- rata skor tertinggi siswa, pada indikator soal menerjemahkan masalah matematika ke dalam bentuk representasi simbol aritmetika, sedangkan untuk rata-rata skor terendah siswa, pada indikator kemampuan representasi soal menerjemahkan masalah matematika ke dalam bentuk representasi tabel

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran matematis,komunikasi matematis, representasi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Nov 2017 03:20
Last Modified: 09 May 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53762

Actions (login required)

View Item View Item