PENERAPAN METODE LEARNING CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENERAPAN PRINSIP DESAIN PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR

WHULAN, NAWANGSARI (2017) PENERAPAN METODE LEARNING CONTRACT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENERAPAN PRINSIP DESAIN PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Whulan Nawangsari_10513244004.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan pembelajaran penerapan prinsip desain dengan metode Learning Contract di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur; 2) peningkatan kompetensi penerapan prinsip desain dengan metode Learning Contract di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif menggunakan desain penelitian dari Kemmis & Mc. Taggart dengan prosedur penelitian sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan & observasi, refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur dengan subjek penelitian 34 siswa kelas X Tata Busana. Objek penelitian ini adalah penerapan metode Learning Contract untuk meningkatkan kompetensi penerapan prinsip desain siswa di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) lembar observasi; 2) tes kognitif ;3) penilaian sikap; 4) tes unjuk kerja. Uji validasi menggunakan validitas isi dan validitas konstruk dengan meminta pertimbangan judgment expert yang menyatakan bahwa instrumen layak digunakan.Uji reliabelitas menggunakan antar rater sebesar 0,612 dengan interpretasi tinggi atau dapat digunakan untuk pengambilan data.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan metode Learning Contract dilakukan dengan 2 siklus dengan langkah langkah: a) kegiatan pendahuluan terdiri dari: (1) salam dan doa; (2) apersepsi; (3) menjelaskan metode Learning Contract ; b) kegiatan inti terdiri dari: (1) membagi kelompok; (2) menjelaskan materi penerapan prinsip desain; (3) membagi jobshe et ; (4) membuat kontrak belajar; (5) membuat desain busana pesta wanita; (6) mengumpulkan desain sesuai dengan kontrak; c) kegiatan penutup terdiri dari: (1) evaluasi; (2) motivasi; (3) salam dan doa. 2) peningkatan kompetensi penerapan prinsip desain pada siswa kelas X tata busana SMK Muhammadiyah 1 Borobudur pada pra siklus menghasilkan rerata 67,70 atau 32,4% mencapai KKM; pada siklus I rerata siswa 57,26 atau 5,9% mencapai KKM; dan pada siklus II rerata siswa 74,5 atau 97% sudah mencapai KKM. Dengan demikian penerapan metode Learning Contract dapat meningkatkan kompetensi penerapan prinsip desain pada siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Learning Contract, kompetensi penerapan prinsip desain, dasar desain
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:02
Last Modified: 30 Jan 2019 15:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53753

Actions (login required)

View Item View Item