PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN BAHAN PELENGKAP BUSANA MELALUI PENERAPAN METODE TAI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR

Nia, Tiara Sari (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA KELAS X DALAM PEMBELAJARAN BAHAN PELENGKAP BUSANA MELALUI PENERAPAN METODE TAI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BOROBUDUR. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menerapkan pembelajaran bahan pelengkap busana dengan metode Team assisted individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, 2) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran pemilihan bahan pelengkap busana di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur melalui metode tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan metode spiral kemmis dan Mc Taggart dengan siklus yang meliputi tahap perencanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur dengan subjek penelitian kelas X busana yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, angket pendapat siswa dan dokumentasi. Validitas instrumen dibuktikan melalui validitas isi berdasarkan judgement expert , reliabilitas menggunakan procentage of agreement . Hasil penelitian yaitu: 1) perencanaan yang dilakukan oleh peneliti berkolaborasi dengan guru. Tahap tindakan guru melakukan pembelajaran bahan pelengkap busana menggunakan metode T eam A ssisted I ndividualization (TAI) , 2) pengamatan dilakukan terhadap proses pembelajaran danaktivitas belajar siswa melalui metode TAI dengan dibuktikan pada pra siklus, yaitu 13 siswa (38,24%) kategori sangat rendah, 17 siswa (50%) kategori rendah dan 4 siswa (11,76%) kategori tinggi, meningkat pada siklus I, yaitu 10 siswa (29,41%) kategori rendah, 17 siswa (50%) kategori tinggi dan 7 siswa (20,59%) kategori sangat tinggi dan meningkat kembali pada siklus II sebanyak 7 siswa (14,71%) kategori tinggi dan 29 siswa (85,29%) kategori sangat tinggi. Kompetensi belajar siswa juga meningkat, dibuktikan pada pra siklus, 18 siswa (52,94%) belum tuntas dan 16 siswa (47,06%) tuntas, meningkat pada siklus I, yaitu 5 siswa (14,71%) belum tuntas dan 29 siswa (85,29%) tuntas, dan meningkat kembali pada siklus II, yaitu 34 siswa (100%) tuntas memenuhi KKM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahawa penerapan metode tipe Team Assisted Indiviualization ( TAI ) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran bahan pelengkap busana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Bahan Pelengkap Busana, Metode TAI
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:01
Last Modified: 30 Jan 2019 15:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53752

Actions (login required)

View Item View Item