PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL CHANGE UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK ASAM BASA KELAS XI SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2016/2017

Istiani, Diah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL CHANGE UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK ASAM BASA KELAS XI SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2016/2017. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY.

[img]
Preview
Text
BAB 1 Diah Istiani 13303244022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis adanya penurunan yang signifikan pada jumlah peserta didik yang mengalami miskonsepsi setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran conceptual change, dan 2) menganalisis profil pergeseran konsepsi peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran conceptual change pada materi pokok asam basa kelas XI SMA Negeri 1 Depok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pre-experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Depok. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA yang berjumlah 96 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 30 peserta didik yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan instrumen tes diagnostik miskonsepsi. Data diambil menggunakan teknik tes yaitu pretest dan posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t sama subjek. Hasil penelitian ini yaitu: 1) terdapat penurunan yang signifikan pada jumlah peserta didik yang mengalami miskonsepsi setelah penerapan model pembelajaran conceptual change, dan 2) pergeseran konsepsi peserta didik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran conceptual change didominasi oleh pergeseran konsepsi dari miskonsepsi menuju tahu konsep (TK) yang mencapai 44,17% peserta didik, sebanyak 28,67% peserta didik mengalami pergeseran konsep dari tidak tahu konsep (TTK) menjadi tahu konsep (TK), sementara 0,83% peserta didik masih bertahan dengan miskonsepsinya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 02 Nov 2017 03:09
Last Modified: 30 Jan 2019 15:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53747

Actions (login required)

View Item View Item