Na'imatushsholihah, Wulansuci (2017) HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA PROGRAM IIS DI SMA N KARANGPANDAN KABUPATEN KARANGANYAR. S1 thesis, FIS.
|
Text
HALAMAN DEPAN 13405241019.pdf Download (822kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I 13405241019.pdf Download (271kB) | Preview |
|
Text
BAB II 13405241019.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) |
||
|
Text
BAB III 13405241019.pdf Download (234kB) | Preview |
|
Text
BAB IV 13405241019.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
||
|
Text
BAB V 13405241019.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI 13405241019.pdf Download (785kB) | Preview |
|
|
Text
E-JURNAL 13405241019.pdf Download (644kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya hubungan antara fasilitas belajar siswa di rumah dengan hasil belajar, (2) ada tidaknya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar geografi, (3) ada tidaknya hubungan antara fasilitas belajar siswa di rumah dan motivasi belajar dengan hasil belajar geografi. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitiannya yaitu kelas X IIS dan XI IIS SMA Negeri Karangpandan dengan sampel penelitian ini yakni siswa X IIS 4, X IIS 5, XI IIS 1, XI IIS 2 dengan jumlah 145 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas logis dengan expert judgement dan SPSS versi 23 for windows. Uji reliabitas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach nilai untuk angket fasilitas belajar 0,894> 0,7, motivasi belajar dengan nilai 0,903> 0,7 dan hasil belajar dengan nilai 0,747> 0,7 yang berarti tiga-tiganya reliabel. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) semakin lengkap fasilitas belajar yang dimilki oleh siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa, dengan r hitung= 0,549 dengan p= 0.000 yang berarti signifikan, (2) semakin tinggi motivasi belajar siswa semakin baik pula hasil belajar siswa, dengan r hitung= 0,598 dengan p= 0,000 yang berarti signifikan, (3) Fasilitas belajar di rumah dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama memiliki kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 50.1%. Sedangkan 49,4% hasil belajar dikontribusikan oleh aspek-aspek lain yang tidak diteliti. Dengan demikian fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa memiliki kontribusi yang tinggi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Kata kunci : fasilitas belajar di rumah, motivasi belajar, hasil belajar geografi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Geografi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Geografi FIS |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 01:19 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53744 |
Actions (login required)
View Item |