Yulia, Lia (2017) PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU SMK MUHAMMADIYAH 1 PRAMBANAN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.
|
Text
07.Skripsi_Lia Yulia_12402241004.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: (1) motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten; (2) kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten; (3) motivasi kerja guru dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang berjumlah 24 guru. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 32 guru SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif; (2) uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas; (3) uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan: (1) motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang ditunjukkan dengan nilai r_x1y sebesar 0,468, 〖r²〗_x1y sebesar 0,219, nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel sebesar 2,482 > 1,71714, dan motivasi kerja guru berada dalam kategori rendah sebesar 37,5%; (2) kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang ditunjukkan dengan nilai r_x2y sebesar 0,539, 〖r²〗_x2y sebesar 0,290, t_hitung lebih besar dari t_tabel sebesar 3,001 > 1,71714, dan kompetensi pedagogik berada dalam kategori kurang optimal sebesar 37,5%; (3) motivasi kerja guru dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten yang ditunjukkan dengan R sebesar 0,595, R^2 sebesar 0,354, nilai F_hitung lebih besar dari F_tabel sebesar 5,762 > 3,47, dan kinerja guru berada dalam kategori kurang optimal sebesar 41,67%. Variabel motivasi kerja guru memiliki sumbangan relatif terhadap kinerja guru sebesar 25% dan sumbangan efektif sebesar 8,85%. Variabel kompetensi pedagogik memiliki sumbangan relatif terhadap kinerja guru 75% dan sumbangan efektif sebesar 26,55%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru, Motivasi Kerja Guru, Kompetensi Pedagogik |
Subjects: | Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Administrasi Perkantoran |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 04:31 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 15:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53734 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |