PENGARUH GAYA BELAJAR, TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Wibowo, Wahyu Aji (2017) PENGARUH GAYA BELAJAR, TINGKAT PENDAPATAN ORANG TUA, DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar; (2) pengaruh Tingkat Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar; ((3) pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar; (4) pengaruh Gaya Belajar, Tingkat Pendapatan Orang Tua, dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Ekonomi dengan jumlah 84 mahasiswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabiltas menggunakan rumus internal consistency. Uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas, linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar, dengan thitung sebesar 4,354 dan signifikansi sebesar 0,000; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan tingkat Pendapatan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar dengan thitung sebesar 4,266 dan signifikansi sebesar 0,000; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar dengan thitung sebesar 5,665 dan signifikansi sebesar 0,000; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Belajar, tingkat Pendapatan Orang Tua, dan Motivasi Belajar secara bersama sama terhadap Prestasi Belajar dengan Fhitung sebesar 115,623 dan signifikansi sebesar 5% dan koefisien determinasi (R2y(1,2,3)) sebesar 0,807.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya Belajar, tingkat Pendapatan Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:29
Last Modified: 30 Jan 2019 15:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53728

Actions (login required)

View Item View Item