Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi melalui Penerapan Pendekatan Proses pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Magelang.

Haryati, Haryati (2017) Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi melalui Penerapan Pendekatan Proses pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Magelang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-haryati-15715254002.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran, motivasi dan kemampuan menulis teks deskripsi melalui penerapan pendekatan proses siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini terbagi menjadi tiga siklus yang masing-masing empat kali pertemuan, dengan prosedur 1) perencanaan , 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi dalam setiap siklusnya. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Magelang tahun pelajaran2016/2017. Waktu penelitian selama tiga bulan yaitu sejak November 2016 sampai dengan Januari 2017. Subjek penelitian adalah siswa sebanyak 30 orangterdiri dari 14 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, analisis dokumen, dan angket. Pengujian validitas data dalampenelitian ini dilakukan dengan cara trianggulasi, yaitu dengan menggunakantrianggulasi sumber data dan trianggulasi metode pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif. Teknik analisis data kualitatif menggunakan deskriptif komparatif. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut. 1) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan proses meningkatkan proses pembelajaran. 2) Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan proses meningkatkan motivasi menulis teks deskripsi siswa. 3) Penerapan pendekatan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi. Pada kegiatan pratindakan dan siklus I belum ada siswa yang mencapai kriteria penelitian. Pada siklus II 1 siswa (3,33%), mencapai kriteria penelitian dan siklus III mencapai 25 siswa (83,3%). Adapun nilai rerata kemampuan menulis teks deskripsi siswa pada kegiatan pratindakan adalah 60, pada siklus I rerata 66,7, siklus II rerata70,8, dan siklus III rerata 78.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi, kemampuan menulis, teks deskripsi, pendekatan proses.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:02
Last Modified: 09 May 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53724

Actions (login required)

View Item View Item