Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa Smp.

Rahmad, Eki (2017) Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa Smp. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eki-rahmad-15709251049.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) efektivitas pembelajaran matematika realistik ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan pemodelan matematika siswa SMP dan (2) pembelajaran yang lebih unggul antara pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran ekspositori ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan pemodelan matematika siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan the pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII F. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan tes kemampuan pemodelan matematika. Untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika realistik ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan pemodelan matematika siswa SMP, data dianalisis secara univariat dengan statistik uji t pada taraf signifikansi 5%. Untuk mengetahui perbedaan keunggulan diukur menggunakan uji MANOVA dengan uji Hotelling’s Trace pada taraf signifikansi 5% dan untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih unggul menggunakan uji lanjut (post-hoc). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran matematika realistik tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan pemodelan matematika siswa kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta dan (2) pembelajaran matematika realistik lebih unggul dari pembelajaran ekspositori ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan pemodelan matematika siswa kelas VIII SMP N 15 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran matematika realistik, prestasi belajar, kemampuan pemodelan matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2017 01:48
Last Modified: 09 May 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53720

Actions (login required)

View Item View Item