Evaluasi Program Pembangunan Infrastruktur Dalam Konteks Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Procot-Kecamatan Slawi-Kabupaten Tegal.

Widodo, Fatwa (2017) Evaluasi Program Pembangunan Infrastruktur Dalam Konteks Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Procot-Kecamatan Slawi-Kabupaten Tegal. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fatwa-widodo-15704251008.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi perencanaan program pembangunan infrastruktur, (2) mengetahui implementasi program pembangunan infrastruktur, (3) mengetahui hasil dari program pembangunan infrastruktur, (4) dan mengetahui partisipasi masyarakat dalam konteks realisasi program pembangunan infrastruktur di lingkungannya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan ialah CIPP (Context, Input, Prosses dan Product). Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah: wawancara, dokumentasi dan observasi sebagai metode penunjang. Narasumber pada penelitian ini ialah anggota dan sekretaris Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Pangudi Mulya. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu: reduksi data, display data dan penarikan simpulan. Instrumen dalam penelitian ini ialah peneliti sendiri dan dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman dokumentasi dan pedoman observasi. Pengesahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) BKM Pangudi Mulya menggunakan observasi dan dialog dengan warga untuk menentukan ide program. Dengan demikian program berbasis pada kebutuhan dan realita. Kontribusi warga berbentuk gagasan maupun tenaga. Penentuan objek dan lokasi program ditentukan berdasarkan kriteria khusus, seperti urgensi objek dan kemampuan ekonomi calon penerima. (2) BKM Pangudi Mulya masih bergantung pada dana APBN dan APBD, belum belum mampu memanfaatkan sumber dana lain yang potentif, seperti: dana CSR dari perusahaan maupun memberdayakan warga kelas menengah keatas. (3) Semua lapisan masyarakat ikut berperan pada saat realisasi program sesuai kemampuan masing-masing. Terkait dengan kendala di lapangan, BKM Pangudi Mulya memecahkannya melalu rapat kordinasi serta pendekatan persuasive. (4) Semua program sesuai dengan kebutuhan warga masyarakat. Dari program tersebut diharapkan adanya perubahan pola hidup masyarakat terutama pada sektor ekonomi dan kesehatan. (5). BKM Pangudi Mulya berhasil memberdayakan masyarakat kelurahan Procot untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam perencanaan maupun pelaksanaan program. Meskipun belum seutuhnya seluruh masyarakat ikut andil dalam program tersebut.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pemberdayaan masyarakat, program pembangunan infrastruktur.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Nov 2017 00:57
Last Modified: 09 May 2019 08:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53710

Actions (login required)

View Item View Item